Tulang Air Mata, Si Penyokong Organ Mata

(0)
23 Jan 2020|Anita Djie
Tulang air mata adalah tulang terkecil di wajahTulang air mata berfungsi menjaga mata pada posisinya
Tulang air mata atau lacrimal merupakan salah satu tulang yang jarang didengar. Padahal, tulang air mata adalah salah satu tulang yang membentuk struktur wajah Anda. Tanpanya mata kita tidak bisa terpasang di tempatnya dengan baik. Ingin tahu mengenai tulang ini? Ketahui faktanya melalui artikel ini!

Mengenal tulang air mata

Tulang air mata berasal dari bahasa latin “lacrima” yang berarti air mata. Tulang air mata merupakan salah satu bagian dari tulang wajah dan memiliki ukuran kecil dan berbentuk persegi tipis serupa kuku jemari tangan.Ukurannya yang kecil membuat tulang air mata menjadi tulang paling rapuh di wajah. Anda bisa mendapatinya di tengah rongga mata. Oleh karenanya, terdapat dua tulang air mata di wajah.Tulang air mata berperan sebagai penyokong organ mata. Selain mempertahankan posisi mata, tulang air mata juga menyokong saluran air mata dan kelenjar air mata.Pada dasarnya, tulang air mata terdiri dari dua permukaan, yaitu permukaan yang menghadap hidung dan yang menghadap bagian rongga mata. Permukaan tulang air mata yang menghadap rongga mata terbagi menjadi dua bagian, yaitu lacrimal sulcus dan lempengan orbital.Di antara kedua bagian tersebut, terdapat saluran air mata yang mengalirkan air mata dari mata ke saluran di hidung.Pada awalnya tulang air mata terbentuk di bagian lapisan luar kapsul hidung yang memiliki struktur seperti tulang rawan. Saat kehamilan di minggu ke-12, pembentukan tulang akan terjadi di lapisan tersebut yang akhirnya memunculkan tulang air mata.

Gangguan yang bisa dialami oleh tulang air mata

Tulang air mata yang kecil dan tipis juga tidak luput dari gangguan ataupun cedera dari luar. Terdapat beberapa masalah yang dapat menjangkiti tulang air mata, yaitu:
  • Keretakan pada tulang air mata

Meskipun berukuran kecil, tulang air mata juga bisa mengalami keretakan karena merupakan bagian tulang wajah yang paling rapuh. Keretakan tulang air mata dapat menyebabkan penyumbatan di saluran air mata.Selain penyumbatan di saluran air mata, keretakan pada tulang air mata juga dapat meningkatkan tekanan pada saluran tersebut serta menimbulkan cedera pada dinding saluran air mata.Gejala yang bisa timbul akibat cedera keretakan tulang air mata adalah mata yang iritasi dan berair akibat air mata yang tidak bisa dikeluarkan secara normal.
  • Tumor di kelenjar tulang air mata

Jangan salah, tumor dapat bertumbuh di kelenjar tulang air mata. Terkadang tumor pada daerah tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas, tetapi masih ada beberapa gejala yang bisa terlihat.Beberapa indikasi yang menunjukkan adanya pertumbuhan tumor di tulang air mata adalah penglihatan berbayang, rasa sakit dan pembengkakan di sekitar mata, penglihatan mengabur, dan sensasi penuh atau sesuatu yang berat di kelopak mata.Umumnya, tumor di kelenjar tulang air mata timbul pada orang-orang yang berusia 30-an. Anda juga berisiko mengalami tumor kelenjar tulang air mata jika pernah mengalami limfoma atau kanker kelenjar getah bening.Terkadang, tumor kelenjar tulang air mata juga dapat muncul karena tumor jinak yang tidak sepenuhnya dikeluarkan dari tulang air mata.

Catatan dari SehatQ

Apabila Anda mengalami gangguan di mata atau sekitar mata, segera periksakan dan konsultasikan ke dokter untuk mengalami penanganan yang sesuai dengan penyebab kemunculan gangguan di tulang air mata.
kesehatan tulanghidup sehatpola hidup sehat
Cancer.net. https://www.cancer.net/cancer-types/lacrimal-gland-tumor/risk-factors
Diakses pada 22 Januari 2020
Kenhub. https://www.kenhub.com/en/library/anatomy/the-lacrimal-bone
Diakses pada 22 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/lacrimal-bone#1
Diakses pada 22 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait