Hamil 20 Minggu, Apa saja yang Perlu Diketahui?


Hamil 20 minggu menandakan calon ibu telah menjalani setengah perjalanan kehamilan. Tetaplah memperhatikan kondisi Anda dan janin agar sukses dalam setengah perjalanan berikutnya.

(0)
30 Sep 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Hamil 20 minggu adalah saat ukuran janin kira-kira sebesar buah pisangHamil 20 minggu adalah ketika gerakan janin mungkin mulai terasa
Hamil 20 minggu adalah saat memasuki masa kehamilan 5 bulan atau setengah perjalanan hingga melahirkan. Nah, agar sukses mencapai setengah perjalanan selanjutnya atau sekitar 21 minggu lagi. ketahui yuk apa saja yang terjadi pada ibu maupun janin di minggu ini.Pada minggu ini, selera makan mungkin akan kembali prima seperti sebelum hamil. Tidak hanya itu, perut pun akan semakin menonjol dan tampak garis tipis memanjang di sana yang disebut linea nigra. Garis ini akan semakin tebal seiring pertambahan usia kehamilan Anda.

Perkembangan janin ketika sang bunda hamil 20 minggu

Jenis kelamin janin sudah terbentuk jelas saat hamil 20 minggu
Bila Anda belum mengetahui jenis kelamin janin, mungkin Anda akan mengetahuinya pada jadwal pemeriksaan rutin ke dokter minggu ini. Bila bayi Anda perempuan, rahimnya sudah terbentuk sempurna minggu ini dan saluran vaginanya akan mulai terbentuk.Tidak hanya itu, semua sel telurnya juga sudah tersimpan aman dalam ovarium. Sel telur ini awalnya berjumlah 7 juta namun akan berkurang hingga 1-2 juta ketika bayi lahir.Bila bayi Anda laki-laki, testisnya masih berada di bagian perut namun akan turun tak lama lagi ke bawah, ke arah skrotum saat organ ini terbentuk sempurna.Untuk ukuran, janin usia 20 minggu akan memiliki berat sekitar 280 gram dengan panjang kepala sampai tulang ekor sekitar 16 cm. Besar janin kira-kira adalah seukuran pisang. Anda mungkin mulai berasa gerakan-gerakan lembut janin pada minggu ini bila ini kehamilan pertama Anda.Pada usia kehamilan 20 minggu, lanugo (rambut-rambut halus) juga mulai tumbuh menutupi seluruh tubuh janin. Rambut ini akan menipis dan hilang saat bayi dilahirkan dan tumbuh besar. Selain itu, vernix caseosa yang melapisi kulit janin pun terbentuk di minggu ini. Vernix caseosa adalah zat putih tebal melindungi kulit janin dari cairan ketuban.Saat ibu hamil 20 minggu, janin yang dikandung pun mempunyai mata yang masih tertutup. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ia sudah bisa membuka matanya pada saat kehamilan 20 minggu ini. Untuk itu, Anda pun dianjurkan untuk rutin pemeriksaan USG, termasuk pada minggu ini.

Kondisi tubuh ibu saat hamil 20 minggu

Pada fase trimester kedua ini kerap disebut sebagai masa terbaik selama hamil. Hal ini karena mual dan lelah pada trimester satu menghilang dan digantikan dengan selera makan yang kembali baik. Selain itu, sejumlah gejala berikut juga mungkin akan dirasakan ibu pada minggu ke-20 ini:

1. Rambut dan kuku tumbuh cepat

Kuku cepat panjang dan terdapat bintik putih kerap muncul saat hamil 20 minggu
Anda mungkin mulai menyadari bahwa kuku dan rambut tumbuh lebih cepat dari biasanya pada saat trimester 2 ini. Kuku Anda pun panjang lebih cepat dan terkadang diikuti dengan bintik putih. Hal ini pun dibuktikan pada riset dari International Journal of Dermatology.Rambut Anda pun mungkin terasa lebih tebal. Hal ini normal dan terjadi berkat produksi hormon selama kehamilan yang memicu sirkulasi darah sehingga nutrisi ke rambut dan kuku bertambah banyak.

2. Ngidam

Pada usia kehamilan 20 minggu, seiring selera makan yang bertambah, Anda mungkin menginginkan makanan atau campuran tertentu atau kita biasa menyebutnya “ngidam”. Biasanya makanan ini berupa makanan manis atau tinggi lemak.Ya, Anda boleh saja memakannya namun tetap konsumsi dalam batas wajar. Pasalnya, bayi Anda membutuhkan asupan nutrisi yang bergizi agar dapat tumbuh sehat. Jadi, porsi makan sehat Anda tetap perlu jauh lebih banyak dari yang tidak sehat.

3. Kontraksi braxton-hicks

Kontraksi palsu sudah kerap terjadi saat hamil 20 minggu
Kontraksi braxton-hicks atau kontraksi palsu mungkin mulai Anda rasakan di usia kehamilan 20 minggu. Hal ini terjadi sebagai latihan alami tubuh untuk mempersiapkan persalinan. Kontraksi ini umumnya muncul tidak teratur dan ringan, tidak menyakitkan.Anda mungkin mengalami kontraksi palsu lebih sering saat duduk dengan posisi yang tidak biasa, terlalu sering berjalan atau saat dehidrasi. Beristirahat dan banyak minum air dapat meringankan kontraksi ini.Meski demikian, bila Anda mengalami kontraksi yang terasa nyeri dan muncul dengan jeda waktu teratur, sebaiknya segera menghubungi dokter. Hal itu bisa jadi kontraksi sebenarnya dan tanda kelahiran prematur yang perlu diwaspadai.

4. Hasrat seks meningkat

Kadar libido di dalam tubuh pun meningkat pada saat ini. Tentu, ini merupakan momen yang baik untuk berhubungan seks dengan pasangan Anda. Sebab, ada banyak manfaat berhubungan intim saat hamil jika dilakukan dengan aman.

5. Lingkar perut bertambah

Ukuran perut ibu pun terlihat membesar saat hamil 20 minggu
Bentuk perut hamil 20 minggu tentu lebih besar daripada minggu-minggu sebelumnya. Fase ini merupakan waktu yang tepat untuk memastikan ukuran perut dengan dokter. Normalnya, lingkar perut akan naik setidaknya 1 cm dalam setiap minggunya.Namun, ada pula hamil 20 minggu perut masih kecil. Kondisi ini pun dipengaruhi oleh tinggi ibu. Jika ibu memiliki tinggi badan yang pendek, bentuk perut hamil 20 minggu pun akan terlihat lebih besar dan lebih maju.Ini dikarenakan ibu dengan tinggi badan yang rendah tidak punya ruang yang lebih banyak untuk pertumbuhan rahim.Selain itu, bayi yang masih sering berputar-putar di dalam rahim pun memengaruhi ukuran perut ibu hamil 20 minggu.

6. Bagian bawah perut sakit

Keluhan saat hamil 20 minggu yang umum ditemukan adalah sakit perut bagian bawah. Ibu hamil pun akan terasa mudah pusing ketika berdiri setelah duduk.

7. Mudah lelah

Saat hamil 20 minggu, sakit punggung hingga lelah tak terhindari
Ibu hamil pun juga akan merasakan sakit punggung, tubuh pegal, otot linu. Hal ini menyebabkan gampang lelah. Untuk itu, disarankan tidur dengan menggunakan ganjalan bantal agar posisi kaki lebih tinggi. Ini pun juga baik untuk menghindari kaki bengkak.Selain gejala-gejala di atas, saat mengalami proses kehamilan ini, sejumlah gejala lain seperti menggelapnya kulit dan timbul stretch mark juga mungkin akan Anda alami. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal ini normal. Berat badan ibu pun akan meningkat sebanyak setengah kilogram setiap minggunya.

Hal yang harus diperhatikan saat hamil 20 minggu

Saat hamil 20 minggu, lakukan stretching saat olahraga dengan hati-hati
Ibu hamil 20 minggu sebaiknya tidak melakukan stretching atau peregangan. Sebab, hal ini justru memicu cedera sehingga perkembangan janin 20 minggu pun terganggu.Apabila Anda ingin olahraga, lakukan peregangan secukupnya. Bila ada rasa tidak nyaman saat olahraga, segera hentikan olahraga.Selain itu, pastikan Anda duduk tidak terlalu lama. Jika Anda diharuskan untuk duduk, pastikan Anda berjalan ringan atau berdiri selama 10 menit dalam satu jam sekali.

Catatan dari SehatQ

Hamil 20 minggu menunjukkan adanya gejala yang Anda alami maupun perkembangan janin di usia kehamilan 20 minggu. Secara umum, gejala-gejala yang terjadi tidaklah mengganggu aktivitas.Namun, jika Anda merasa ada keluhan yang terasa janggal, mengganggu, atau menyakitkan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan terdekat atau konsultasikan melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ agar mendapatkan saran penanganan yang tepat.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilantrimesterhamilkehamilanmasalah kehamilanibu hamil
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/20-weeks-pregnant
Diakses pada 30 September 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/20-weeks-pregnant/
Diakses pada 30 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-20.aspx
Diakses pada 30 September 2020
International Journal of Dermatology. https://doi.org/10.1111/ijd.13316
Diakses pada 24 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait