Vacuum Frying, Alternatif Sehat untuk Menggoreng Makanan

0,0
04 Oct 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Vacuum frying diklaim sebagai metode memasak yang jauh lebih sehat ketimbang menggoreng makanan dalam minyak atau deep friedTeknik vacuum frying akan menghasilkan keripik buah yang renyah dan sehat
Vacuum frying adalah proses penggorengan yang dilakukan pada tekanan jauh di bawah tingkat atmosfer. Cara ini menawarkan alternatif untuk meningkatkan kualitas gorengan untuk buah dan sayur serta lebih sehat dibandingkan penggorengan pada tekanan atmosfer. 
Faktor utama yang membedakan proses penggorengan ini dengan cara lainnya adalah kombinasi waktu dan suhu menggoreng.Vacuum frying adalah metode yang baik untuk menghasilkan produk kering berkualitas dengan warna dan rasa yang terjaga. Hal ini karena kurangnya oksidasi, suhu penggorengan lebih rendah, waktu penggorengan lebih pendek dibanding dengan proses penggorengan dengan teknik lain.

Teknik vacuum frying dan manfaatnya

Vacuum frying dapat menjadi pilihan untuk menggoreng buah dan sayuran dengan kandungan rendah minyak serta tekstur dan karakter rasa yang diinginkan. Proses penggorengan vacuum frying dilakukan dengan menggunakan alat yang membuat kondisi tekanan jauh di bawah tingkat atmosfer, biasanya di bawah 50 Torr (6,65 kPa). Karena penurunan tekanan, titik didih minyak, dan kelembapan dalam makanan berkurang, vacuum frying memiliki beberapa keuntungan, seperti:
  • Dapat mengurangi kandungan minyak dalam produk yang digoreng.
  • Mempertahankan warna dan rasa alami produk karena suhu dan kandungan oksigen rendah selama proses penggorengan.
  • Menjaga kualitas minyak sehingga bisa lebih lama digunakan.
  • Dapat menghasilkan keripik tanpa kandungan akrilamida.

Makanan apa saja yang dapat diproses dengan vacuum frying?

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan makanan yang sering dipakai dalam proses vacuum frying. Biasanya konsumen sering kesulitan makan buah dan sayur karena harganya mahal, cepat busuk, atau tidak menyukai rasanya. Padahal buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan antioksidan. Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran bergizi tinggi yang bisa digoreng vakum yaitu brokoli, kembang kol, wortel, nanas, mangga, dll. Di banyak negara Asia, seperti Jepang, Thailand, dan Taiwan sering menggunakan teknologi ini untuk menghasilkan makanan ringan bernutrisi tinggi. Teknologi vacuum frying diharapkan dapat menjaga kualitas gizi, menghasilkan produk yang rasanya enak, dan tinggi nilai nutrisi serta rendah lemak daripada camilan yang digoreng secara konvensional.

Metode memasak sehat selain vacuum frying

Metode memasak sehat artinya memasukkan kandungan lemak jenuh dalam prosesnya. Vacuum frying melibatkan sedikit oksigen dalam prosesnya sehingga mengurangi oksidasi makanan dalam minyak dan menghasilkan lemak jenuh yang minimal. Proses ini dikatakan lebih sehat daripada proses penggorengan lainnya. Selain vacuum frying, terdapat metode memasak yang lebih sehat lainnya yaitu:

1. Panggang

  Selain roti dan makanan penutup, ada beberapa makanan lain yang bisa dipanggang, yaitu makanan laut, unggas, daging tanpa lemak, sayuran, dan buah-buahan. Dengan memanggang, Anda bisa mematangkan makanan tanpa harus menambahkan lemak ke makanan sehingga lebih sehat.

2. Rebus

  Merebus makanan juga merupakan cara masak yang sehat karena tidak melibatkan lemak dalam prosesnya. Anda bisa menambahkan kaldu, bumbu, atau rempah untuk menambah cita rasa makanan.

3. Broiling

  Teknik broiling adalah teknik memasak dengan mengarahkan panas langsung ke makanan. Karena proses inilah, lemak akan menetes dari makanan dan membuat api semakin besar. Biasanya teknik ini digunakan untuk memasak daging. Sayuran dan buah-buahan yang dimasak dengan teknik broiling disarankan untuk dibungkus menggunakan kertas timah atau ditempatkan pada rak panggangan.

4. Poaching

  Teknik poaching adalah teknik memasak dengan meletakkan makanan di atas didihan cairan, seperti kaldu atau air. Cairan ini membuat bentuk makanan tetap utuh namun lebih kaya rasa. Biasanya teknik poaching digunakan saat memasak telur.

5. Roasting

  Roasting hampir sama seperti memanggang, tapi biasanya dilakukan dengan suhu yang lebih tinggi. Teknik memasak ini juga menggunakan oven panas dan kering untuk memasak makanan. Beberapa jenis makanan yang bisa dimasak dengan teknik ini adalah unggas, makanan laut, dan daging.

6. Tumis

  Menumis merupakan teknik memasak sayuran dengan sedikit kaldu, kuah, atau minyak sehat. Menumis lebih sehat daripada menggoreng secara konvensional karena hanya membutuhkan sedikit lemak dalam prosesnya.

7. Kukus

  Memasak dengan cara mengukus adalah salah satu metode masak yang sehat. Letakkan makanan di atas air mendidih dengan nampan bolong. Makanan dimasak dengan mengandalkan uap air panas. Teknik ini akan mempertahankan bentuk, tekstur, dan rasa makanan.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara memasak makanan yang sehat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play
makanan sehatmakanan tidak sehatpola hidup sehat
International Food Research Journal. http://ifrj.upm.edu.my/22%20(01)%202015/(3).pdf
Diakses pada 22 September 2021.
Moreira. https://moreira.tamu.edu/Deep-fat/Vacuum_frying.html
Diakses pada 22 September 2021.
Heart. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/cooking-skills/cooking/techniques/healthy-cooking-methods
Diakses pada 22 September 2021.
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/healthy-cooking/art-20049346
Diakses pada 22 September 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait