Walaupun Kelihatan Bersih, Baju Baru Wajib Dicuci Terlebih Dahulu

(0)
25 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Baju baru wajin dicuci untuk menghindari dampak negatif bagi kesehatan AndaBaju baru harus dicuci dulu untuk menghilangkan bahan kimia dan jamur
Baju baru kelihatannya memang rapi dan bersih sehingga tidak mengherankan jika banyak orang kerap langsung memakainya. Akan tetapi, sebaiknya Anda menjauhi kebiasaan buruk ini. Pasalnya, pakaian baru kemungkinan memiliki kandungan-kandungan berbahaya sehingga berisiko memicu reaksi alergi dan iritasi pada kulit.Terlebih lagi, jika baju baru yang Anda langsung kenakan terbuat dari bahan-bahan tekstil sintetis, misalnya nilon dan polyester. Untuk memahami berbagai bahaya langsung menggunakan baju baru, berikut adalah sejumlah alasan yang perlu Anda simak.

Alasan baju baru harus dicuci dulu sebelum dipakai

Berikut adalah beberapa alasan mengapa baju baru yang Anda beli harus dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai.

1. Mencegah iritasi akibat sisa pewarna

Salah satu alasan mengapa baju baru sebaiknya dicuci dulu adalah untuk membersihkan sisa pewarna pakaian yang digunakan. Baju baru berpotensi memiliki pewarna pakaian yang dapat luntur. Khususnya untuk kain yang terbuat dari serat sintetis dan diwarnai dengan menggunakan azo-aniline.Selain luntur, pewarna ini juga dapat berpindah pada permukaan kulit karena keringat dan gesekan. Kondisi ini dapat memicu terjadinya reaksi alergi, khususnya pada anak-anak. Area yang sering terkena alergi biasanya adalah leher dan ketiak. Oleh karena itu, sebaiknya baju baru harus dicuci terlebih dahulu.

2. Membersihkan bahan kimia penyebab iritasi

Baju baru biasanya mengandung bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan kualitas warna atau teksturnya supaya terlihat menarik. Salah satu bahan kimia yang kemungkinan ada pada pakaian adalah urea formaldehida.Urea formaldehida digunakan untuk mencegah pembentukan jamur. Namun, bahan kimia ini juga dapat menyebabkan iritasi dan ruam kulit, khususnya pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Beberapa area yang berpotensi terpengaruh bahan kimia ini adalah kerah, ketiak, pergelangan.Bahan kimia ini biasanya digunakan untuk mencegah pembentukan jamur selama masa penyimpanan. Khususnya, jika pakaian dikirim untuk jarak jauh (ekspor atau impor).Selain itu, ada juga bahan kimia nitroanilines dan benzothiazoles yang dianggap terkait dengan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya yang paling berbahaya adalah peningkatan risiko kanker. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi bahayanya terhadap manusia.

3. Menghilangkan dari bakteri, jamur, dan serangga

Pada beberapa tempat penjualan pakaian, ada kalanya baju dapat dicoba terlebih dahulu sebelum dibeli. Sehingga, baju baru juga dapat menjadi jalan penularan tidak langsung dari berbagai sumber penyakit, seperti virus, bakteri, dan jamur.Jamur dan bakteri dapat berkembang jika baju baru disimpan pada tempat yang lembap dalam jangka waktu lama. Selain itu, serangga-serangga kecil yang dapat mengganggu kesehatan kulit juga bisa menyelinap ketika baju baru dalam penyimpanan. Untuk menghindari berbagai masalah ini, sebaiknya cuci terlebih dahulu baju baru sebelum Anda kenakan.

Cara mencuci baju baru supaya tidak cepat rusak

Supaya tidak cepat rusak, berikut ini adalah tips mencuci baju baru yang dapat Anda praktikkan di rumah:
  • Perhatikan label pada masing-masing pakaian. Setiap baju mungkin akan memiliki instruksi cara mencuci yang berbeda. Sebagian mungkin tidak boleh menggunakan mesin cuci atau menggunakan air panas.
  • Jangan campurkan baju baru dengan pakaian lain saat mencucinya alias dipisahkan. Sebab, dikhawatirkan pewarna atau bahan kimia dari baju baru akan luntur sehingga mengotori pakaian lainnya.
  • Cuci baju baru yang luntur sampai warnanya tidak lagi melunturi air. Jika baju tersebut masih terus luntur, pisahkan dari baju yang lain saat pencucian selanjutnya atau hanya dicuci bersama pakaian dengan warna yang sama.
  • Pakaian bayi harus dicuci terlebih dahulu dengan deterjen yang lembut, tanpa pewangi, dan tidak menyebabkan alergi.
Untuk menghindari kontaminasi bahan kimia pada pakaian, ada baiknya memilih baju baru yang terbuat dari bahan alami. Jika Anda dalam keadaan darurat dan harus memakai baju baru secepatnya, sebaiknya gunakan baju lain sebagai dalaman supaya bisa meminimalisir sentuhan antara baju baru dengan permukaan kulit.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan kulit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan kulitmenjaga kesehataninfeksi jamur
The Pruce. https://www.thespruce.com/wash-new-clothes-before-wearing-2146345
Diakses pada 12 Februari 2021
Time. https://time.com/5631818/wash-new-clothes/
Diakses pada 12 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait