30 Jul 2021, 17:59Pernapasan

Rapid test antibodi covid IgM non reaktif, dan IgG reaktif, apakah terinfeksi covid ?

VN
Info Penanya: VN0
Halo selamat malam, Dokter. saya mau tanya, tadi saya test Antibody, kemudian hasil nya IgM non reaktif, dan IgH reaktif. namun hasil Nilai Normal kedua nya Non Reaktif. kalau begini, apakah saya negatif Covid atau positif? Saya ada kepentingan di luar kota sehingga saya harus Test, namun kemudian hasil nya seperti itu. apakah saya akan menularkan ke yang lainnya? atau aman aman saja? Terima kasih.
373 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Halo, Selamat malam, V.Virus corona telah mempengaruhi hidup manusia di berbagai belahan dunia, lebih dari 1 tahun lamanya dan bahkan tidak tahu mau sampai kapan akan usai, hidup bebas tanpa harus menggunakan masker, takut terinfeksi virus corona, bisa berkumpul bersama sanak keluarga, pergi liburan kemana saja.

Bagaimana cara melihat hasil rapid test antibodi covid ?

Anda yang ada kepentingan di luar kota dan melakukan rapid test antibodi covid, didapatkan hasil IgM non reaktif, dan IgH reaktif. Mungkin yang Anda maksud hasil IgM non reaktif, dan IgG reaktif.Hasil rapid test antibodi covid IgM non reaktif, dan IgG reaktif menunjukkan bahwa Anda terinfeksi covid lebih dari 3 minggu sebelum Anda melakukan pemeriksaan. Anda dapat melakukan pemeriksaan ulang menggunakan swab PCR untuk mengetahui hasil pemeriksaan yang lebih akurat. Jika saat ini Anda mengalami berbagai gejala seperti kehilangan indera penciuman, pengecapan berkurang, batuk kering, hidung tersumbat, nyeri kepala, demam dan sesak dimana hasil pemeriksaan swab PCR positif, dapat menandakan bahwa Anda terinfeksi virus covid dan bisa menularkan ke orang lain.Namun jika Anda tanpa gejala sama sekali, walau hasil test swab PCR positif, sebenarnya bisa saja Anda terinfeksi covid sebelumnya dan hasil test swab PCR positif merupakan sisa bangkai virus covid yang sudah tidak menularkan orang lain. Namun menurut kemenkes sebaiknya tetap melakukan isolasi mandiri selama 10 hari terhitung Anda melakukan pemeriksaan swab dengan hasil positif agar aman dan tidak menularkan orang lain.Tetap jaga dengan ketat protokol kesehatan, jaga imun tubuh Anda, gunakan masker dengan benar, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, makan makanan sehat, konsultasi ke dokter spesialis paru jika Anda mengalami sesak atau nafas terasa berat dengan saturasi turun di bawah 95.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
infeksi saluran pernapasancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil