16 Sep 2020, 10:21Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan bercak putih di sekitar kelamin ?

NR
Info Penanya: NR, Pria, 21 Tahun
maaf mau tanya kalau ada bercak putih di sektiar area kelamin itu apa, seperti residu sabun yang nempel atau tertingal? Apakah bisa hilang? Bagaimana cara menghilangkannya? terima kasih!
2611 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, NR.Bercak putih di sekitar area kelamin dapat disebabkan oleh berbagai gangguan atau penyakit kulit. Gangguan dan penyakit kulit tersebut dapat berupa infeksi, alergi, gangguan pada pigmen kulit dan lain-lainnya.

Adapun beberapa macam penyakit kulit yang mungkin menimbulkan gejala tersebut, antara lainnya ialah :

  • infeksi jamur, seperti panu
  • penyakit menular seksual khususnya sifilis
  • alergi pada penggunaan obat jenis tertentu
  • kelainan kulit vitiligo
  • dan lain-lainnya
Mengenai keluhan bercak putih di sekitar area kelamin yang Anda alami, jika disertai dengan keluhan gatal maka mungkin disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit kulit tersebut merupakan keadaan yang umum terjadi dan dapat diobati dengan salep anti jamur. Namun karena penyebabnya hanya dapat dipastikan lewat pemeriksaan secara langsung, maka kemungkinan penyakit kulit lainnya belum dapat disingkirkan. Pasalnya jika ternyata keaadaan yang mendasari pada Anda adalah jenis penyakit kulit lainnya seperti sifilis, maka diperlukan cara pengobatan yang berbeda karena penyebabnyapun berbeda.Untuk sementara hindari penggunaan bahan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat, hindari keadaan lembap di area sekitar kelamin dan hindari penggunaaan handuk bersama. Untuk pengobatan lebih lanjut, Anda dapat menemui dokter terdekat lebih dahulu atau secara langsung pada dokter Spesialis Kulit.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
kulit sekitar kelamininfeksi jamursifilis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil