16 Apr 2020, 18:36Kandungan

Menstruasi tidak tepat waktu, apa karena menopause?

MR
Info Penanya: MR0
Saya sdh berusia 43 tahun dokter setahun belakangan menstruasi saya sering tdk tepat waktunya kadang 3bulan baru datang ini sdh lima bulan baru datangTerakhir menstruasi tgl 16november th 2019 n sekarang sdh bln april tgl 16 april baru datang lagi dokterYg ingin saya tanyakan apakah itu sdh bisadimatakan menopause atau ada penyakit lain drTapi saya ndak ada keluhan lain dr makasih dr
16271 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MR,Menstruasi yang tidak teratur adalah gejala yang bisa disebabkan beberapa hal seperti gangguan hormonal, efek samping kontrasepsi, stres, kehamilan, gangguan organ reproduksi seperti sindrom ovari polikistik atau PCOS dan kemungkinan lainnya.Beberapa penyebab seperti gangguan hormonal juga bisa dipicu beragam hal salah satunya adalah pramenopause yaitu kondisi sebelum memasuki menopause. Gejala pramenopause sendiri diantaranya:
  • Menstruasi tidak lancar
  • Penurunan kesuburan
  • Mudah berubah suasana perasaannya
  • Merasakan tubuh lebih panas atau mudah berkeringat
Hal ini biasanya terjadi pada usia yang lebih muda karena transisi sampai menopause nantinya. Jika keluhan menstruasi terlambat terjadi sampai lebih dari 90 hari, maka perlu dilakkan pemeriksaan.Jika saat ini masih menggunakan kontrasepsi juga bisa jadi pemicunya, oleh sebab itu bisa coba diperiksakan pada dokter spesialis kandungan agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Upayakan menjaga pola hidup sehat dan menjaga kesehatan mental agar keluhan bisa diminimalisir. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenopausegangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil