01 Aug 2021, 02:44Kulit & Kelamin

Apa peerbedaan jerawat purging dan break out?

AD
Info Penanya: AD0
Halo dok. saya coba2 untuk chemical exfo menggunakan peeling serum dgn persentase terendah. uda hampir 2 bulan wajah saya slalu muncul jerawat kecil seperti beruntusan. kadang muncul 1/2 jerawat yg ada nanah nya, ada juga yg seperti berisi cairan bening atau putih aja. dan lagi whiteheads di dagu saya pada keluar. tapi di samping itu beruntusan di jidat saya berkurang, whiteheads di hidung pun sama, pinggiran hidung saya yg tadinya merah sekarang uda ga lagi. itu purging atau breakout ya dok?
290 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaPurging dan break out seringkali muncul saat seseorang menggunakan produk perawatan kulit atau skin care. Sekilas, keduanya tampak mirip, yaitu munculnya jerawat ata bruntusan kecil-kecil pada wajah. Purging merupakan proses yang dialami kulit untuk mengangkat sel kulit mati, sedangkan pada breakout baisanya terjadi karena tidak cocok terhadap produk perawatan kulit tertentu.

Dibawah ini adalah perbedaan purging dan breakout:

  • Area munculnya bruntusan atau jerawat
    Pada ourging akan timbul jerawat pada area yang biasa ditumbuhi jerawat. Sedangkan pada breakout bisa muncul di area manapun, termasuk di seluruh wajah.
  • Proses jerawat
    Pada purging bisa terjadi sekitar 4 -6 minggu, sedangkan brekout bisanya lebih lama
  • Penyebab purging akibat menggunakan produk yang memicu penglupasan kulit seperti retinoid, AHA, BHA, asam glikolat, benzoil peroksida dan lain sebagainya. Sedangkan pada breakout terjadi karena tidak cocok terahdap zat yang terdapat pada produk yang Anda gunakan
  • Bekas jerawat
    Pada purging tidak menimbulkan bekas di kulit, sedangkan pada berakout akan muncul bekas di kulit
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika produk yang Anda gunakan mengandung beberapa zat uang disebutkan sebagai eksfoliator, maka kemungkinan disebabkan oleh purging, bukan break out. Jika karena purging, maka bisa dilanjutkan, namun jika karena breakout harus dihentikan. Namun untuk memastikan lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kulit agar Anda mendapatkan tatalaksana lebih lanjut sesuai dengan kondisi kesehatan kulit Anda. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil