08 Jul 2021, 09:46Penyakit Lainnya

Amankah mengkonsumsi ester-c setiap hari ?

IT
Info Penanya: IT0
Halo dok, di masa pandemi ini saya selalu mengkonsumsi ester-c. Selama ini saya hanya mengkonsumsi jika sedang melakukan perjalanan keluar kota utk urusan pekerjaan atau dalam kondisi tidak vit. Namun akhir-akhir ini karena situasi pandemi yg semakin mengkhawatirkan, saya sudah mengkonsumsinya selama 2 minggu lebih meskipun kondisi badan tidak dalam keadaan capek atau tidak fit. Apakah aman mengkonsumsinya secara terus menerus dan berapa lama sebaiknya dikonsumsi? (Saya punya penyakit lambung)
272 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, I.Vitamin sudah menjadi kebutuhan sehari-hari terutama dalam masa pandemi virus corona yang ntah sampai kapan akan berakhir. Infeksi virus corona yang terus melonjak drastis membuat harga vitamin juga ikut meningkat. Tak jarang sebagian besar orang berlomba membeli vitamin untuk mencegah maupun membantu mengobati penyakit.

Apa efek samping konsumsi ester-C jangka panjang ?

Anda yang mengkonsumsi ester-C jangka panjang karena situasi pandemi semakin mengkhawatirkan dapat menimbulkan beberapa gejala antara lain :
  • Peningkatan asam lambung terutama Anda memiliki magh. Gejala dapat berupa nyeri ulu hati, mual, muntah dan diare.
  • Timbul batu ginjal.
  • Overdosis.
  • Gangguan penyerapan nutrisi lain.
  • Kerusakan ginjal.
Oleh sebab itu, walau sedang pandemi tetap perhatikan asupan vitamin yang Anda konsumsi. Jika Anda sudah konsumsi berbagai macam buah dan sayur mengandung vitamin, suplemen vitamin C boleh dikonsumsi sebanyak 500 mg per hari. Namun jika untuk pengobatan dosis ditingkatkan menjadi 1000 mg per hari. Imbangi pula untuk kebutuhan cairan Anda.Lakukan aktifitas lain seperti olahraga. Jangan duduk atau berdiam diri terlalu lama. Konsumsi pula makanan bergizi dan lakukan medical check up ke dokter penyakit dalam agar terhindar dari berbagai penyakit dan memantau fungsi ginjal Anda.Jika dengan konsumsi ester-C timbul berbagai keluhan, maka stop suplemen dan ganti sumber vitamin C dari makanan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
dispepsiavitamin ckekurangan vitamin c
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil