16 Aug 2020, 14:24Penyakit Lainnya

Amankah penggunaan minyak herbal untuk bayi?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Pagi dok, mau nanya.. pemberian minyak herbal seperti kutus-kutus tuh aman nggak sih untuk bayi? Jika ya, kandungan minyak herbal seperti apa yang disarankan dok?
1577 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Minyak kutus-kutus di percaya memiliki kandungan alami dari berbagai tanaman herbal, sehingga banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Kandungan minyak kutus-kutus seperti ashitaba atau Angelica keiskei memiliki peran seperti anti peradangan, jahe juga memiliki beberapa manfaat seperti antioksidan.

Untuk bayi minyak kutus-kutus di percaya memberikan beberapa manfaat seperti :

  • Menghangatkan tubuh bayi
  • Mengatasi ruam di pantat bayi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi
  • Mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga
Berdasarkan penelitian, belum ada penelitian khusus pada minyak kutus-kutus yang menyebukan efektif atau menimbulkan efek samping pada anak. Efek samping yang dapat timbul adalah dermatitis atau iritasi pada kulit seperti gatal, kemerahan, nyeri hingga bentol-bentol.Jadi penggunaan minyak ini bisa di gunakan, namun Anda perlu waspada jika anak Anda memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hati dalam penggunaaan minyak tersebut. Gunakan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu, jika tidak menimbulkan efek samping dan keluhan bisa dilanjutkan, sedangkan menimbulkan efek samping seperti kemerahan, gatal hampir diseluruh tubuh, sebaiknya hentikan penggunaan dan periksakan lebih lanjut ke dokter kulit.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
bayimerawat bayiperlengkapan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil