14 Mar 2020, 08:56Mata

Anak sering belekan, apakah berbahaya?

YF
Info Penanya: YF, Wanita, 24 Tahun
Pagi, dok. Akhir-akhir ini anak saya sering mengeluarkan belek yang sedikit berlebih pada saat bangun tidur. Apakah ini normal? Apakah ada cara mengatasinya? Terima kasih.
18312 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, YF.Belekan adalah kondisi ketika mata mengeluarkan kotoran berupa kulit mati, debu, ataupun lendir yang terakumulasi saat tidur. Belekan sebenarnya adalah kondisi yang normal. Namun, jika belekan terjadi terus-menerus sepanjang hari, atau disertai dengan mata berair, kondisi tersebut menjadi tidak normal.

Belekan pada Anak

Biasanya, belum berfungsinya saluran air mata secara sempurna menyebabkan terjadi penumpukan belek pada mata anak. Berikut penyebab belekan pada anak yang paling sering terjadi:

1. Konjunctivitis 

Biasanya ditandai dengan mata berair, memerah, dan belek yang mengering dan menyebabkan mata anak susah membuka pada saat bangun tidur. Belek biasanya berwarna kuning kehijauan. 

2. Kelilipan

Debu yang berukuran cukup besar dapat menjadi partikel yang mengganggu pada mata anak. Biasanya akan terasa sensasi mengganjal dan gatal di mata, kadang disertai mata yang memerah.

3. Alergi

Belek yang berwarna putih dan memanjang menandakan anak mengalami penyakit ini. Belek yang dihasilkan adalah respon tubuh untuk mengeluarkan benda asing penyebab alergi yang masuk ke mata.

Pada kondisi yang Anda alami, Anda bisa mencoba membersihkan belek di mata anak dengan cara berikut:

  • Bersihkan tangan Anda terlebih dahulu. Cuci tangan dengan air mengalir selama minimal 20 detik.
  • Basahi handuk atau kasa dengan air
  • Lap mata anak dengan lembut sampai semua kotoran hilang
  • Bersihkan hanya sudut mata saja, jangan menyentuh bola mata atau kelopak mata, karena akan menyebabkan kerusakan
  • Jangan lupa untuk mencuci tangan lagi setelah prosedur ini
Apabila kondisi ini terus berlanjut sampai berhari-hari, atau menimbulkan gejala memberat seperti mata yang bengkak atau tidak bisa membuka sama sekali, sebaiknya Anda membawa anak untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis mata. Dokter akan menentukan penyebab belekan tersebut, dan memberikan terapi yang sesuai. Misalnya, pemberian tetes mata antibiotik untuk infeksi bakteri, atau tetes mata antihistamin untuk alergi.Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ. Semoga yang disampaikan bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
penyakit anakkesehatan matakonjungtivitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil