12 Jul 2021, 19:11Penyakit Lainnya

Apa benar melakukan rontgen berbahaya?

M4
Info Penanya: M4, Pria, 23 Tahun
Dok, apa benar rontgen menimbulkan kerusakan DNA dan sel darah. Saya tadi pertama kalinya rontgen thorax, dan rontgennya dilakukan selama 2x dalam waktu yg sama karena sempat ada kegagalan. Saya jadi takut, apalagi keadaan saya nyeri dada dan punggung, saya jadi takut rontgen bisa meradiasi hingga memperparah sakit saya. Mohon konsulnya dok, saya awam dan baru pertama rontgen.
255 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Foto rontgen memang memiliki efek samping karena menggunakan sinar X yang memiliki efek radiasi ke jaringan tubuh. Namun jika foto rontgent tidak dilakukan setiap hari maka efek radiasi dari foto rontgent tidak akan bermakna.

Efek samping radiasi foto rontgent

Meskipun akan lebih aman jika foto rontgent dilakukan hanya 1x setiap tahun agar efek radiasi sebelumnya sudah hilang sebelum Anda melakukan foto rontgent berikutnya. Pemeriksaan ini sebaiknya hanya dilakukan bila perlu saja sesuai dengan kebutuhan karena dampak buruk dari radiasi sinar X salah satunya adalah menimbulkan kanker baik pada sel darah maupun pada jaringan organ tubuh.Melakukan foto rontgen sekali atau dua kali saja, tidak akan menyebabkan Anda langsung terkena kerusakan DNA maupun kerusakan sel darah yang akan memperparah penyakit Anda sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam terhadap hasil dari foto rontgent jika didapati adanya hasil pemeriksaan yang tidak normal.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penyakit paru-parugangguan pernapasannyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil