18 Oct 2021, 13:26Kepala

Apa manfaat helm terapi kepala bayi peyang?

B
Info Penanya: B0
Dok, saya memiliki bayi yang baru berusia dua bulan. Tapi, setelah saya perhatikan, saya merasa anak saya ini memiliki kepala yang sedikit peyang dan banyak yang menyarankan untuk terapi helm. Apa terapi helm ini dok? Apakah efek sampingnya? tips melakukan helm terapi kepala bayi yang aman bagaimana dok?
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, BTerima kasih atas pertanyaannya. Tulang tempurung pada kepala kepala bayi masih berupa tulang yang lembut sehingga ketika bayi tidur di posisi yang sama dalam waktu lama maka tempurung kepala bayi ini akan berkembang menjadi datar atau tidak rata dimana kondisi ini sering disebut sebagai kepala peyang. Kepala peyang sebenarnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi perkembangan otak bayi karena biasanya akan kembali ke bentuk semula dengan sendirinya.  Namun ketika seiring berjalannya waktu bentuk kepala bayi tidak juga berubah maka diperlukan penanganan lanjutan kepala peyang, salah satunya terapi helm.  Terapi helm adalah alat yang digunakan untuk memperbaiki bentuk kepala bayi.  Helm ini dibuat dari bagian luar yang keras namun lembut di bagian dalam dimana bermanfaat untuk menciptakan suatu kondisi yang membuat tulang tempurung kepala berkembang sesuai ukuran, mencegah terjadinya pendataran saat tidur sehingga saat tempurung kepala berkembang akan mengikuti bentuk helm yang digunakan.  Bayi yang memakai helm ini tidak akan merasa nyeri atau sakit sehingga belum ditemukan efek samping terkait penggunaan terapi helm.  

Cara menggunakan terapi helm yang aman :

  • Usia yang dianjurkan adalah kurang dari 12 bulan, antara sekitar usia 4-6 bulan.
  • Ikuti anjuran dokter dari mulai pengukuran, pemasangan hingga hal-hal yang dihindari saat terapi helm.   
  • Diperlukan evaluasi secara berkala untuk melihat perkembangan kepala bayi.
Jadi sebelum memutuskan menggunakan terapi helm ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis anak guna dilakukan pemeriksaan pada tempurung kepala bayi.  Apakah memang perlu terapi helm atau masih bisa menggunakan pilihan lain.  Baca juga penjelasan lainnya mengenai kepala peyang pada bayi berikut ini : Kepala peyang apa bisa disembuhkan?Merubah kepala baby peyang bagaimana caranya?Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah 
penyakit anaktumbuh kembang bayikesehatan anakperkembangan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil