08 Sep 2020, 11:38Penyakit Lainnya

Apa penyebab pusing setelah makan telur puyuh?

Z
Info Penanya: Z, Pria, 30 Tahun
Sore dok, tadi pagi saya habis masak telur puyuh rebus dan mengonsumsinya sebagai sarapan. Tapi kenapa ya dok siangnya saya merasa pusing? Apa telur puyuh bisa sebabkan kolesterol tinggi?
2732 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, M.Telur puyuh merupakan telur yang berasal dari burung puyuh. Di berbagai negara, telur puyuh telah dijadikan bermacam-macam hidangan makanan yang digemari oleh berbagai kalangan. Dibalik ukurannya yang kecil ternyata kandungan dari telur puyuh cukup berlimpah.

Kandungan telur puyuh

Adapun kandungan telur puyuh yang meliputi :

1. Kalori 

Satu buah telur puyuh seberat 9 gr mengandung 14 kalori dengan 9 kalorinya berasal dari lemak. 

2. Protein

Sekitar 5 butir telur kurang lebih setara dengan 1 butir telur ayam, yakni menngandung 6 gr protein dan sekitar 71-78 kalori.

3. Kolesterol

Kendati kalorinya cenderung rendah akan tetapi kadar kolesterol pada telur puyuh terbilang lebih besar dari jenis telur lainnya. Satu prosi telur puyuh mengandung kolesterol 422 mg. Sedangkan konsumsi kolesterol dalam sehari menurut Dietary guideline for Americans, direkomendasikan hanya 300 mg.Berikut terlampir pula artikel mengenai kandungan lainnya dalam telur puyuh.Mengenai pertanyaan Anda tentang rasa pusing setelah mengonsumsi telur puyuh, sejatinya dapat berhubungan maupun tidak. Pasalnya perlu terlebih dahulu diketahui seberapa banyak Anda mengonsumsi telur puyuh tersebut dan riwayat konsumsi selain telur puyuh serta aktivitas apa saja yang dilakukan sebelumnya.Namun untuk telur puyuh sendiri, seperti yang telah disampaikan kendati dapat dijadikan alternatif sumber protein hewani yang kandungan kalorinya cenderung rendah, namun kadar kolesterolnya cukup tinggi. Oleh karena itu tidak direkomendasikan mengonsumsi telur puyuh secara berlebihan. Untuk pusing yang Anda alami jika memang sebelumnya telah memiliki riwayat kadar kolesterol yang tinggi, Anda perlu waspada dan segera melakukan pengecekan kembali. Jika benar kadar kolesterol Anda meningkat secara drastis ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
kolesteroltelurzat gizi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil