14 May 2019, 09:30Kandungan

Apa penyebab telat haid dan adanya benjolan di vagina?

SI
Info Penanya: SI, Wanita, 14 Tahun
Sore dok.. saya septia umur saya 15 tahun, saya ingin bertanya dok .. sudah 3 bulan ini saya tidak haid dok, saya sering mengalami hal ini bahkan telat 5 bulan.. ada apa ya dok? Dan juga saat saya ingin beristinja saya merasakan seperti ada benjolan di dekat vagina saya dok? Itu apa ya dok? Penyakit atau bukan dok? Terus cara mengatasi nya bagaimana dok?
38573 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat Pagi, SI.Haid atau menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim dikarenakan tidak ada pembuahan di dalamnya. Siklus menstruasi seorang wanita normalnya ialah 28 hari atau dapat dikatakan setiap bulan, seorang wanita normalnya mengalami menstruasi. Namun ada beberapa hal yang dapat menyebabkan telatnya datang siklus menstruasi, yaitu:
  • Hamil. Jika Anda sudah pernah melakukan hubungan suami isteri, maka hamil dapat menjadi penyebab Anda tidak kunjung datang bulan. Anda dapat memeriksakan secara langsung dengan testpack untuk mengetahui apakah hamil atau tidak. Namun, jika Anda belum melakukan hubungan suami isteri, maka kecil kemungkinan penyebab telat haid karena hamil.
  • Hormon. Menstruasi dipengaruhi oleh beberapa hormon dalam tubuh seorang wanita. Pada wanita dengan usia di bawah 20 tahun, terkadang merupakan hal normal jika terlambat haid atau haid muncul lebih cepat. Hal ini dikarenakan hormonnya yang masih berkembang. 
  • Stres. Kondisi emosional dan stres seseorang dapat memicu tidak datangnya haid selama berbulan-bulan.
  • Gizi kurang. Kurang mengonsumsi makanan bernutrisi serta berat badan yang kurang dapat memicu terlambatnya siklus haid. 
  • Obat-obatan. Konsumsi pil kontrasepsi atau kontrasepsi suntik dapat membuat perubahan hormon dalam tubuh, sehingga memicu ketidakteraturan siklus haid pada seorang wanita. 
Benjolan pada vagina merupakan sesuatu yang seharusnya tidak normal terjadi, benjolan tersebut dapat mengindikasikan beberapa penyakit, yaitu:
  • Kista vagina. Merupakan benjolan berisi cairan yang timbul di daerah vagina. Kista vagina bermacam-macam, yaitu: Kista bartolini, kista inklusi, kista kelenjar gartner, kista mullerian. Kista yang paling umum menyerang wanita ialah kista bartolini. Kista yang kecil terkadang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Sedangkan kista yang besar dapat mengganggu dan dapat menimbulkan nyeri. Diperlukan prosedur tindakan oleh Dokter Spesialis Ginekologi (SPOG) untuk menghilangkan penyakit ini.
  • Herpes genital. Merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal, muncul luka seperti sariawan di kemaluan, dan adanya benjolan berisi cairan bening di kemaluan. Penyakit ini biasanya menyerang wanita yang aktif secara seksual.
  • Kutil kelamin. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papiloma yang ditandai dengan adanya benjolan seperti bunga kol pada kelamin. Penyakit ini dapat menular dengan kontak pada penderita kutil kelamin lainnya, atau menyentuh kelamin penderita. 
  • Kanker vagina. Benjolan yang diakibatkan oleh kanker dapat disertai dengan gejala berupa rasa gatal ataupun nyeri.
Untuk menangani benjolan di sekitar vagina, perlu diketahui dahulu penyebabnya. Oleh karena itu, pemeriksaan fisik secara langsung oleh Dokter Spesialis Ginekologi (SPOG) diperlukan. Sehingga Anda mendapatkan penanganan secara tepat.Semoga lekas membaik.Salam Sehat. dr. Riani AZ
siklus haidkistakanker vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil