29 Jul 2020, 12:16Pernapasan

Apa saja gejala covid-19 (virus corona)?

FP
Info Penanya: FP, Pria, 13 Tahun
apakah hidung tersumbat dan tenggorokan gatal tetapi tidak batuk batuk gejala covid 19?
7309 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FP.COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus tipe baru, yaitu SARS-CoV-2. Penyakit ini sedang menjadi pandemi di berbagai negara dunia, termasuk Indonesia. Pada tanggal 30 Juli 2020, di negara Indonesia, sudah ada lebih dari seratus ribu jiwa yang mengalami penyakit ini dan menyebabkan ribuan kematian.

Gejala COVID-19 (Virus Corona)

Gejala COVID-19 akan bermanifestasi berbeda setiap orang, tergantung kekebalan tubuh masing-masing. Semakin kuat daya tahan tubuh seseorang, semakin ringan gejala yang tidak diderita, bahkan bisa tanpa gejala. Tetapi, jika orang tersebut memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, asma, atau obesitas, gejala bisa muncul cukup parah dan mungkin menyebabkan komplikasi gagal napas.Beberapa gejala yang lazim dialami adalah:
  • Demam di atas 38 derajat celcius
  • Batuk, biasanya batuk kering
  • Nyeri tenggorokan
  • Sesak napas
Apabila Anda mengalami hidung tersumbat dan gatal di tenggorokan, pastikan terlebih dahulu apakah Anda memiliki riwayat kontak dengan seseorang yang positif atau tidak. Apabila ada kontak, itu bisa saja merupakan gejala COVID-19. Tetapi apabila tidak ada, bisa saja itu penyakit lainnya seperti radang tenggorokan, rhinitis, ataupun alergi.Anda dapat melakukan karantina mandiri selama 14 hari terlebih dahulu. Selama hari-hari tersebut, lakukan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan suplementasi vitamin C jika dibutuhkan. Jangan lupa minum air putih yang cukup. Selain itu, berjemurlah di bawah matahari selama 15-30 menit per hari, agar tubuh dapat memproduksi vitamin D yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh.Apabila gejala memberat atau tidak kunjung membaik, Anda bisa menghubungi nomor telepon 119 ext 9, atau fasilitas kesehatan terdekat. Dengan demikian, dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan, dan diberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil