26 Nov 2019, 09:02Penyakit Lainnya

Apa saja penyakit radang sendi itu?

AN
Info Penanya: AN, Pria, 26 Tahun
Saya mau tanya dok, kenapa setiap saya bangun tidur seluruh persendian terasa sakit padahal siang hari saya kerja tidak terlalu berat dan itu sudah saya rasakan 3 tahun belakangan, makasih dok
21054 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Nyeri pada persendian biasanya diakibatkan oleh karena radang sendi. Penyakit yang menyebabkan radang sendi yaitu:
  • Bursitis: peradangan yang terjadi di kantong yang berisi cairan pelumas yang terletak di antara jaringan otot, tulang, dan kulit. Biasanya penyebab bursitis karena adanya benturan kecil yang terjadi terus menerus atau karena cedera.
  • Asam urat atau gout: salah satu jenis peradangan sendi yang disebabkan karena asam urat yang tinggi. Biasanya menyerang daerah jempol kaki, lutut, kaki, pergelangan kaki,
  • Rheumatoid arthritis: salah satu jenis peradangan sendi yang disebabkan karena penyakit autoimun. Biasanya menyerang bagian siku, kaki, lutut, tangan, serta pergelangan tangan dan kaki.
  • Osteoarthritis: jenis peradangan sendi yang menyerang kaum lansia. Yang menjadi target dari penyakit ini adalah lutut, tulang belakang, tangan, jempol kaki, pinggul.
  • Ankylosing spondylitis: suatu jenis peradangan yang membuat ruas-ruas tulang belakang menyatu dan terasa sakit. Biasanya terjadi di bagian tulang belakang di bagian punggung bawah, bagian pinggul dan sendi bahu, sendi di antara dasar tulang punggung dan tulang panggul, tulang rawan di tulang dada dan rusuk.
Untuk mengetahui penyebab yang pasti dari nyeri sendi yang Anda alami, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam agar dapat ditangani dengan tepat.Tapi, untuk mengurangi nyeri sendi yang ada, Anda dapat meminum obat anti nyeri sendi dulu untuk sementara seperti aspirin, ibuprofen. Atau Anda juga bisa melakukan terapi fisik, perawatan alternatif (olahraga tai chi, yoga, akupunktur), dan operasi (ini harus dilakukan konsul terlebih dahulu).  Salam sehat,dr. Ester
nyeri sendiradang sendiosteoarthritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil