11 Apr 2020, 09:21Penyakit Lainnya

Apa saja racikan pengharum ruangan yang baik untuk kesehatan?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hallo, dokter. Kebetulan saya suka sekali dengan aroma terapi atau wewangian ruangan yang menenangkan. Namun sempat beberapa waktu yang lalu saya sering pusing dengan aroma yang terlalu kencang. Apa ada cara alami membuat pewangi ruangan yang aman untuk kesehatan dok?
8505 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Hidung adalah salah satu indera yang dimiliki manusia dan berfungsi sebagai penghidu. Dengan hidung, manusia mampu membedakan aroma yang berbau dan wangi. Melalui mekanisme tertentu yang dimiliki tubuh manusia, aroma yang dihidu mampu memengaruhi emosi yang dirasakan saat itu, misalnya menenangkan atau menyemangati. Namun, sebelum menggunakan pengharum ruangan, harus diketahui dulu kandungannya. Ada beberapa bahan kimia seperti phtalates, styrene, 1,4-dichlorobenzene, dan lain-lain, yang ketika terhirup akan menjadi racun di dalam tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa orang yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap bahan-bahan tersebut bisa mengalami gangguan pernapasan, seperti batuk atau sesak napas. Bisa juga timbul gangguan kulit, seperti ruam merah, gatal, atau bengkak.Jika Anda ingin menggunakan pengharum ruangan yang aman bagi kesehatan, Anda dapat menggunakan bahan alami, seperti:
  • Essential oil yang diteteskan di dalam diffuser, dengan varian wangi yang Anda butuhkan. Contohnya, gunakan wangi lavender untuk menenangkan dan peppermint untuk menyemangati.
  • Menggunakan daun serai sebagai sabun pel lantai
  • Menempatkan tanaman-tanaman di sekitar ruangan
  • Cuka putih dan kopi bisa membantu mengusir bau yang tidak sedap
 Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.Salam sehat,
dr. Sylvia V
essential oilhidung tersumbataromaterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil