24 May 2019, 02:32Kulit & Kelamin

Apa yang dimaksud dengan dermatitis kontak ?

LI
Info Penanya: LI, Pria, 19 Tahun
selamat pagi dok, saya mau bertanya bibir saya kering dan menghitam, awalnya bibir saya beruntusan kecil kecil seprti jerawat tapi gatal saya diamkan dan tidak mengunakan apapun hanya pakai minyak zaitun, tapi makin kesini bibir saya menjadi menghitam dan kering sulit untuk ketawa dan sakit dok, kira kira kenpa ya dok?? dan bagaimana cara mengobatinya?
23971 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat pagi, LIKeluhan yang anda rasakan bisa termasuk ke dalam dermatitis kontak, penyebabnya pastinya belum diketahui. Namun berhubungan dengan bahan iritan, alergen atau riwayat atopi dalam keluarga. Faktor pencetus dermatitis kontak pada bibir, antara lain :
  • Merokok
  • Makanan tertentu
  • Sensitif terhadap dingin atau panas
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Stress
  • Perubahan hormonal
  • Penggunaan produk baru seperti lipstik atau pasta gigi
Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan :- Menghindari atau berhenti menggunakan bahan yang menyebabkan reaksi alergi- Memakai lipbalm- Jangan menggaruk - Penggunaan obat anti nyeri - Menjaga kebersihan tangan - Minum yang cukup untuk cegah dehidrasi- Konsumsi buah-buahan dan sayuran- Hindari dan kelola stress- Jangan merokokUntuk penanganan lebih lanjut diperlukan pemeriksaan dokter secara langsung. Dokter akan mempertimbangkan pemberian obat kortikosteroid, antihistamin, antibiotik sesuai hasil pemeriksaan. Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Supiah S.D Sangadji 

masalah kulitdermatitisdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil