02 Apr 2020, 14:54Kandungan

Apa yang dimaksud dengan kembar siam?

F
Info Penanya: F, Wanita, 29 Tahun
Pagi, dok. Alhamdulillah saat ini saya sedang hamil kembar dan memasuki bulan ke 6. Banyak sekali berita yang saya terima mengenai kehamilan kembar bahkan kembar siam. Sebenarnya kembar siam tuh apa sih dok?
6310 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, K.Kembar siam adalah keadaan dimana kondisi fisk dua bayi terhubung satu sama lainnya saat dilahirkan. Keadaan tersebut berkembang sejak bakal janin atau embrio pada proses kehamilan yang tidak membelah sempurna menjadi dua individu. Pada keadaan tersebut, kedua bayi pada kembar siam dapat memiliki perangkat organ masing-masing, tetapi ada pula yang harus berbagi dungsi orga karena hanya memiliki satu perangkat organ. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi salah satu penyulit dalam operasi pemisahan kembar siam.

Adapun beberapa kondisi dan posisi tubuh yang dapat menyatu paa bayi kembar siam, diantarnya adalah :

  • kepala
  • dada
  • perut
  • tulang belakang
  • bagian dasar tulang belakang
  • panggul
  • batang tubuh
Hingga saat ini, penyebab pasti kembar siam belum diketahui dengan jelas. Namun terjadinya kembar siam diduga berlangsung saat proses awal perkembangan bayi kembar identik. Pada waktu tertentu satu sel telur yang telah dibuahi akan membelah karena proses kehamilan kembar. Seharusnya pembelahan terjadi sembari membentuk organ dan struktur-struktur spesifik lainnya hingga sempurna. Namun pada kembar siam, proses tersebut terhenti sebelum waktunya.Umumnya kembar siam hanya dapat dilahirkan melalui prosedur operasi caesar. Banyak kasus yang berhasil namun ada pula bayi kembar siam yang tidak dapat bertahan hidup setelah dilahirkan. Pada bayi kembar siam yang bertahan, tidak semua dapat menjalani operasi pemisahan tubuh karena kesuksesannya bergantung pada bagian tubuh yang melekat serta kondisi organ yang dimiliki.Ada baiknya Anda untuk senantiasa melakukan kontrol rutin kepada dokter Spesialis Kandungan agar perkembangan pada bayi kembar Anda dapat terus terpantau dengan baik.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
kembar siamkehamilan bayi kembarmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil