04 Sep 2020, 12:26Penyakit Lainnya

Apakah deker lutut boleh dipakai saat tidur?

Z
Info Penanya: Z, Pria, 30 Tahun
Siang dok, kebetulan saya sempat cedera dan direkomendasikan untuk memakai deker lutut. Apa deker lutut boleh dipakai saat tidur dok?
2832 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, M.Deker lutut adalah alat yang digunakan untuk melindungi lutut dari benturan dan mencegah cedera saat melakukan aktivitas tertentu khususnya olah raga. Sejatinya lutut merupakan bagian penopang berat tubut yang penting. Keadaan cedera pada lutut dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itulah pada keadaan yang membutuhkan pergerakan kaki yang signifikan, deker dibutuhkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di negara Amerika, penggunaan deker lutut yang tepat, telah terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya cedera bahkan hingga 50 persen.

Adapun berbagai macam fungsi deker lutut yang meliputi :

  • mengurangi risiko cedera
  • menimbulkan rasa nyaman dan ama ketika beraktivitas
  • menjaga kesehatan dan fungsi lutut agar tetap baik
  • dapat membantu proses pemulihan pasca cedera ataupun operasi
Ada pula berbagai bentuk cedera dan berbagai jenis penyakit yang umumnya dapat dibantu oleh penggunaan deker, seperti terkilir atau keseleo, cedera pada ligamen lutut, rematik (rheumatoid arthritis), hingga osteoartritis.Mengenai pertanyaan Anda tentang penggunaan deker lutut saat tidur, umumnya dapat bergantung pada jenis deker yang digukanan serta rekomendasi dokter yang menangani cedera yang Anda alami. Pada keadaan tertentu umumnya deker disarankan utk tidak dibuka, namun hal ini perlu disesuaikan dengan jenis deker. Jika deker lutut yang digunakan dapat memberiksan sokongan yang baik pada kaki yang bergerak tanpa disadari saat tidur maka masih aman digunakan. Namun untuk lebih memastikan keamanannya ada baiknya berkonsultasi secara langsung kepada dokter pemeriksa. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
cedera lututdislokasi lututradang sendi lutut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil