18 Nov 2019, 16:41Kandungan

Apakah menstruasi tidak teratur dan perut tiba-tiba sakit adalah gejala kista?

P
Info Penanya: P0
Selamat sora dok, dok istri saya kalau datang bulan ga teratur dan perutnya kadang tiba-tiba sakit, apa itu gejala kista dok
27179 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang P,Kista adalah adanya kantung yang berisi cairan yang bisa ada dimana saja pada organ tubuh, salah satunya juga pada organ reproduksi seperti pada indung telur atau ovarium yang disebut dengan kista ovarium. Gejala kista ovarium sendiri diantaranya adalah:
  • Sakit di area perut bawah atau area pinggul bisa kanan atau kiri
  • Perut terasa tidak nyaman seperti kembung dan berat
  • Sering kali juga tidak menimbulkan gejala
  • Jika dalam jumlah banyak bisa memicu gangguan menstruasi
Pengobatan kista ovarium sendiri tergantung dari gejala, ukuran dan juga jumlah dari kista itu sendiri karena terkadang bisa hilang tanpa penanganan khusus.Meskipun demikian, terlambat haid dan perut terkadang tiba-tiba sakit tidak selalu disebabkan oleh kista. Tetapi bisa disebabkan beragam faktor lain, bisa disebabkan stres, gangguan hormonal, gangguan pencernaan, infeksi saluran cerna, infeksi saluran kemih dan lainnya.Untuk itu jika terlambat haid sering kali terjadi dan bisa lebih dari 35 hari sekali setiap siklusnya maka baiknya dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan tanya jawab mengenai keluhan yang timbul, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG, tes urine ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidkista ovariumgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil