26 Jul 2021, 17:00Penyakit Lainnya

Apakah orang yg sudah vaksin COVID tetap bisa tertular?

E
Info Penanya: E0
Dokter, apakah benar orang yang sudah menerima vaksin covid masih bisa tertular virus corona? mengapa hal ini bisa terjadi?
314 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Melakukan vaksin covid-19 artinya memasukkan virus covid mati ke dalam tubuh dengan tujuan agar imun tubuh mengenali komponen virus tersebut dan membentuk antibodi untuk melindungi diri dari paparan virus yang sama dikemudian hari. Meskipun begitu, sudah divaksin tidak berarti Anda pasti terhindar dari covid. Hal ini disebabkan mungkin saja virus hidup yang menyerang tubuh Anda dimasa depan bisa lebih kuat dibandingkan imunitas yang sudah di bentuk tubuh terhadap virus tersebut melalui vaksin.

Sudah vaksin tetap bisa kena covid

Namun perbedaannya, orang yang sudah divaksin akan memiliki gejala yang jauh lebih ringan jika terserang oleh virus corona di bandingkan dengan orang yang tidak divaksin. Penyebabnya, karena tubuh sudah 'pernah mengenal' virus maka tubuh akan lebih mudah untuk menggandakan kekebalan untuk melawan virus tersebut dibandingkan dengan yang tidak pernah kenal dengan virus dan membutuhkan waktu untuk membuat kekebalannya dari awal. Padahal waktu terkena virus hidup, bisa saja tubuh kita butuh waktu lebih lama untuk membentuk antibodi dari awal dibandingkan hanya menggandakan yang sudah ada dari hasil vaksin sebelumnya.Untuk itu meskipun sudah divaksin Anda tetap perlu mematuhi protokol kesehatan agar tetap terhindar dari paparan terhadap virus ini. Bagaimanapun, akan tetap lebih baik jika meskipun sudah divaksin, Anda sama sekali tidak pernah terpapar virus hidup sehingga tidak sakit. Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil