16 Mar 2020, 09:36Kulit & Kelamin

Keputihan sebelum haid, kenapa?

HE
Info Penanya: HE, Wanita, 16 Tahun
Dok ini saya harusnya udh jadwalnya haid, tetapi yg ada malah keputihan semakin deras, lalu apa yg harus saya lakukan dok ??
35958 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, HE.Keputihan adalah keluarnya lendir dari liang vagina. Keputihan bisa disebabkan karena normal ataupun abnormal, yang ditentukan dari jumlah, warna, bau, dan konsistensinya. 

Penyebab Keputihan

Berikut adalah penyebab keputihan yang biasanya terjadi:

1. Keputihan yang normal

Lendir biasanya jernih, tidak berbau, dan tidak menggumpal. Selain itu, pada vagina juga tidak disertai rasa gatal. Keputihan yang normal biasanya terjadi pada awal menstruasi, akhir menstruasi, dan masa ovulasi (14 hari sebelum menstruasi selanjutnya).

2. Infeksi jamur

Lendir biasanya berwarna putih susu dan menggumpal. Biasanya vagina terasa sangat gatal, terutama saat kondisi lembab. 

3. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa disebabkan oleh gonore, chlamydia, maupun bakteri lainnya, lendir yang dihasilkan biasanya berwarna kuning atau hijau. Selain itu, konsistensinya terasa sangat lengket dan berbau amis. Terkadang, rasa gatal atau nyeri pada vagina juga dialami.Untuk memastikan apakah keputihan yang Anda alami normal atau tidak, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan mencari tahu siklus menstruasi Anda, kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan panggul. Dokter juga mungkin melakukan beberapa tes laboratorium dengan sampel cairan vagina.  Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.Salam sehat,
dr. Sylvia
siklus haidkeputihanvaginosis bakterikesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil