08 Sep 2020, 21:09Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengatasi koloid di wajah?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, saya mengalami iritasi di wajah. Karena lukanya saya biarkan, lama-lama ada timbul koloid. Bagaimana cara menghilangkan koloid ini ya dok? Apa harus ke dokter kulit?
4451 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaKeloid adalah adanya peninggian kulit yang menonjol dan berasal dari jaringan parut karena proses penyembuhan luka. Bekas luka yang membentuk keloid ini, bisa muncul rasa gatal dan kurangnyaman serta menggangu estetika. Penyebab keloid ini bisa timbul karena adanya bekas luka seperti pada luka bakar, luka bekas operasi, dan luka lain pada kulit. Saat terjadi peroses penyembuhan luka, terjadi beberapa tahapan salah satunya adalah terbentuknya jaringan parut untuk memperbaiki luka. Pada keloid, jaringan ini tumbuh berlebihan sehingga timbul penonjolan pada kulit bekas luka tersbeut. Salah satu faktor yang mempengarhui adanya keloid adalah faktor genetik. Beberapa bahan alami dapat membantu menghilangkan keloid.Namun, alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat agar Anda mendapatkan penanganan keloid yang sesuai, terlebih lokasi keloid Anda terletak pada wajah. Dokter spesialis kulit akan melakukan pemeriksanaan dan beberapa penatalaksanaan berdasarkan kondisi keloid Anda. 

Adapun beberapa tindakan utuk mengatasi keloid adalah: 

  • Suntik kortikosteroid
  • Terapi laser
  • Cryotherapy
  • Gel silikon
  • Tindakan pembedahan
Tetap konsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, minum air putih 1.5- 2 liter perhari, gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar eksehatan kulit tetap terjaga.Semoga bermanfaat.

Salam sehat.
 dr. Dian
perawatan kulitkesehatan kulittips kesehatankeloid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil