18 Oct 2021, 13:22Penyakit Lainnya

Bagaimana cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi?

S
Info Penanya: S0
Dokter, saya ingin bertanya, suami saya doyan sekali makan jengkol dan saya tidak nyaman dengan bau jengkol yang menempel di kamar mandi. Kenapa ya dok, bau jengkol bisa teringgal di kamar mandi? Bagaimana cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi? Lalu, adakah tips untuk mengonsumsi jengkol tanpa bau?
233 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ETerima kasih atas pertanyaannya. Jengkol adalah salah satu golongan buah yang menjadi menu makanan favorit.  Jengkol dikatakan memiliki kandungan asam yang mengandung sulfur tingkat tinggi sehingga hal ini yang membuat bau menyengat termasuk saat sulfur ini berada di urin sehingga saat buang air kecil di kamar mandi akan tertinggal bau sulfur ini.  

Cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi :

  • Menggunakan wewangian kamar mandi yang lebih kuat seperti aroma jeruk atau kopi. 
  • Bisa tambahkan kapur barus.
  • Pastikan sirkulasi di kamar mandi lancar, buka pintu kamar mandi untuk sementara jika tidak memiliki kipas penyedot udara bau. 
  • Bersihkan kamar mandi dengan soda kue yang dapat bekerja dengan menstabilkan bau sehingga mengurangi bau di kamar mandi.  Campurkan air dan soda kue perbandingan 1:1 lalu siram ke toilet atau lantai, biarkan 10-15 menit bilas dengan air hingga bersih. 
Walaupun dalam medis belum ada penelitian terkait bagaimana agar jengkol tidak menimbulkan bau, namun beberapa cara sederhana ini dikatakan dapat mengurangi bau jengkol yang menyengat saat dikonsumsi

Tips mengkonsumsi jengkol tanpa bau :

  • Pastikan mencuci bersih jengkol sebelum diolah. 
  • Hindari masak terlalu lama. 
  • Rendam jengkol selama beberapa kali, ada yang mengatakan bisa menggunakan air cucian beras atau air perasan daun jambu biji. 
  • Olah jengkol dengan rempah-rempah yang cukup banyak untuk meminimalisir bau yang timbul. 
Sebaiknya dalam mengkonsumsi jengkol lebih berhati-hati dan tidak berlebih karena dapat menimbulkan keracunan jengkol.  Periksakan ke dokter spesialis urologi jika suami anda mengalami gangguan saat berkemih.  Baca juga : Bagaimana cara hilangkan bau jengkol di mulut?Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah 
urinekeracunan makananbau mulut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil