09 Aug 2020, 10:03Gigi & Mulut

Gigi avulsi, apa yang harus dilakukan?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 15 Tahun
Permisi dok, saya mau bertanya. Adik saya baru saja kecelakaan karena sepeda. Giginya copot sampai ke akarnya. Lubang dalam gusinya dalam. Apa yang harus dilakukan? Mohon beritahu secara detail terima kasih.
5621 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaLepasnya gigi dari tempatnya di gusi dan rahang disebut dengan istilah gigi avulsi. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya cedera atau benturan pada area mulut, atau kerap terjadi karena kecelakaan. Avulsi gigi ini bisa dipasang kembali oleh dokter gigi apabila segera setelah terlepasnya gigi, segera diperiksakan ke dokter gigi terdekat dalam waktu yang kurang dari 30 menit.Namun, bila kondisi gigi yang mengalami gigi avulsi ini adalah gigi susu, biasanya dokter tidak lagi menanam kembali gigi tersebut melainkan hanya membantu menghentikan perdarahan dan memeriska kondisi rongga mulut memastikan dalam keadaan baik-baik saja. Hal ini dikarenakan, jika dilakukan penanaman kembali gigi susu yang mengalami avulsi dikhawatirkan dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi dewasa nantinya.

Adapun beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan ketika terjadi gigi avulsi adalah:

  • Segera ambil gigi yang terlepas dan bersihkan, hindari menyentuh akar gigi
  • Segera letakkan kemabli gigi pada tempat asalnya
  • Berusaha menggigit kassa bersih atau kain bersih menggunakan gigi yang patah tersebut
  • Segera mengunjungi dokter gigi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan
Terkait dengan keluhan yang terjadi dengan adik Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi terdekat agar dilakukan pemeriksaan serta penatalaksanaan yang sesuai dengan kondisi gigi avulsi yang terjadi pada adik Anda.Sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak terjadi cedera yang mengakibatkan gigi avulsi, tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi siembang, menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur,hindari kelelahan, perbanyak sayur dan buah-buahan serta cukupi kebutuhan cairan harian.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
cedera anakcederakesehatan gigisakit gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil