26 Jul 2021, 13:27Pernapasan

Batuk pilek pada anak

IY
Info Penanya: IY, Wanita, 29 Tahun
Dok anak saya umur 2,5 th batuk pilek dan sdh priksa ke dsa di kasih obat dan dr bilang suruh kontrol.. Setelah kontrol di priksa kata nya sdh bagus semua nya dan obat tdk saya lanjutkan lg dok.. 3 hari stlh kontrol anak saya vaksin pcv dan anak saya muncul keluhan batuk sama dahak bunyi lg dok Jd obat sya lanjutkan kembali tp sdh 4 hari ini blm ada perubahan pdhl obat dari dr sdh mau habis Gmn ya dok solusi nya?
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaBatuk dan pilek bsia terjadi pada segala usia, termasuk pada anak-anak.Penyebab dari batuk dan pilek ini beragam, namun umumnay disebkan oleh infeksi pada sauran napas. Batuk dan pilek yang disertai dengan keluhan penyerta dan tidak membaik dalam waktu 3 hari, perlu dilakukan permeriksaan dokter.

Penyebab batuk dan pilek pada anak bisa karena:

  • Influenza
  • Pnemonia, terutama bila disertai dengan sesak
  • TB paru
  • Bronkitis
  • Infeksi saluran napas yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada anak Anda, apabila sudah melakukan pemeriksaan dokter dan mendapatkan obat serta sudah konsumsi obat yang diberikan oleh dokter tetapi keluhan belum membaik, sebaiknya melakukan konsultasi dan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis anak terdekat. Tujuannya, agar dilakukan evaluasi terkait pengobatan yang sudah di ebrikan dengan kondisi anak Anda. Pastikan saat ini Anda tetap mberusaha mencukupi kebutihan gizi dan nutrisi harian untuk anak Anda dengan makanan bergizi, konsumsi buah dan sayur, minum air cukup,  jaga kebersihan tubuh anak Anda, usahakan udara di rumah Anda mempunyai sirkulasi yang baik dan egera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Anak.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
penyakit anakpilekflubatuk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil