08 Jul 2021, 17:26Pernapasan

Batuk hanya saat bangun tidur dan malam, disebabkan apa?

GA
Info Penanya: GA0
Hallo dok, Saat ini saya sedang mengalami batuk dan pilek. Sudah 1 Minggu lebih saya mengalami batuk pilek ini. Tapi dok, batuk saya ini hanya terjadi saat bangun tidur pagi dan di malam hari saja. Saya sudah minum obat batuk seperti Bodrex flu & batuk dan komik ohh, namun tak kunjung sembuh. Pada dua waktu itu tenggorokan saya gatal dan batuk, Untuk pilek sudah mendingan. Pertanyaan saya dok, "mengapa batuk saya hanya terjadi saat bangun tidur pagi dan malam hari saja?" Mohon penjelasannya dok.
1058 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo G,Batuk yang umumnya sering terjadi pada waktu dan tempat tertentu, perlu dicurigai sebagai batuk alergi. Hal ini disebabkan jika batuk hanya terjadi saat dinign artinya Anda memiliki alergi dingin atau jika terjadi hanya pada tempat tertentu seperti kamar bisa jari kamar And abanyak debu atau kotor. Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan pembersihan secara menyeluruh diseluruh kamar dan juga hindari kondisi dingin seperti mengenakan baju yang lebih hangat saat tidur.

Batuk Alergi

Batuk sebenarnya adalah refleks tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasan sehingga penyebabnya pasti ada pada sekitar Anda disaat waktu sebelum tidur atau setelah bangun tidur tersebut. Namun selain alergi, beberapa kemungkinan lain adalah
  • bronkitis
  • gastroesofageal refluks (GERD)
  • infeksi paru-paru
Batuk alergi umumnya berbeda dari batuk infeksi karena merupakan batuk kering sedangkan batuk infeksi umumnya berdahak, selain itu periksakan diri lebih lanjut kepada dokter Spesialis Paru dan juga lakukan pemeriksaan tes alergi untuk mengetahui faktor pemicu (alergen) dari batuk Anda. Sementara, perbanyak konsumsi air hangat untuk membantu mengatasi keluhan batuk Anda.
 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
alergibatukbatuk kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil