19 Jul 2021, 15:26Penyakit Lainnya

Apa yang dilakukan ketika bayi kuning?

NA
Info Penanya: NA0
hi dokter. anak sy lahir premature 35w dan dia mengalami jaundis lebih 21hari bagi premature pada bacaan 10. kemudian dokter klinik kesihatan mengarahkan saya untuk mengambil beberapa sampel darah dan urine untuk diagnose masalah kuning pada bayi. seminggu selepas darah diambil mendapati result darah anak sy iaitu HB pada bacaan dah ALP pada bacaan 451 dan kemudian perlu di refer kepada pakar paediatric untuk repeat ujian darah. soalan sy boleh ke bacaan ALP & HB untuk next appoinment?
318 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, NATerima kasih atas pertanyaannya.Kuning pada bayi adalah pertanda adanya peningkatan kadar bilirubin dalam darah.  Hal ini merupakan hal yang umum terjadi dan biasanya akan menghilang dalam 1-2 minggu setelah kelahiran.  Bayi dikatakan mengalami kuning yang abnormal saat kuning kurang dari 24 jam setelah dilahirkan atau bertahan lebih dari 14 hari pada bayi yang prematur.

Penyebab bayi kuning :

  • Kelahiran prematur.
  • Kekurangan asupan ASI atau susu.
  • Kelainan pada sel darah bayi.
  • Kekurangan enzim atau mineral.
  • Gangguan di hati.
  • Mengalami infeksi.
Terkait pemeriksaan ALP adalah pemeriksaan enzim yang dihasilkan oleh hati dan memiliki tujuan untuk mendeteksi adanya kemungkinan penyakit yang menyerang tulang dan hati.  Pada bayi yang prematur kadar ALP ini memang akan lebih tinggi dibanding bayi yang cukup bulan karena berhubungan dengan perkembangan organ serta tulang yang belum matang sehingga dapat menganggu kerja organ lainnya. Untuk itu karena kuning sudah melebihi batas hari serta kadar ALP yang tinggi maka segera lakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis anak terkait penanganan yang sesuai dengan kondisi bayi saat ini.  Boleh sertakan hasil HB dan ALP dari dokter sebelumnya untuk perbandingan di dokter spesialis. Sementara itu, tetap pastikan bayi mendapat ASI sesering mungkin setidaknya minimal 8 -10 kali sehari, bangunkan jika anak tertidur saat waktu menyusui, posisi menyusui juga benar agar anak dapat mendapatkan ASI sesuai kebutuhannya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
bayi & menyusuipenyakit kuningbayi prematurbayi baru lahir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil