21 Aug 2020, 19:41Penyakit Lainnya

Benjolan di leher sebelah kiri apakah berbahaya?

AH
Info Penanya: AH, Pria, 13 Tahun
Dok, saya mau tanya saya memiliki benjolan di leher sebelah kiri karena radang tenggorokan, tapi radang tenggorokannya sudah sembuh,benjolan nya masih ada, apakah itu berbahaya dok?
9810 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AH,Benjolan di leher kiri adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab. Benjolan juga bisa beragam karakternya, ada yang menimbul rasa nyeri, ada yang tanpa nyeri, benjolannya bisa lebih dari satu, bisa membesar, ataupun juga benjolan bisa keras maupun lunak.Beberapa kemungkinan yang bisa membuat adanya benjolan di leher diantaranya adalah:
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, biasanya akan timbul ketika terjadi infeksi atau peradangan dan menghilang setelah infeksi atau peradangan teratasi
  • Infeksi kelenjar getah bening baik akibat infeksi bakteri atau infeksi virus
  • Pembesaran kelenjar lemak atau disebut lipoma
  • Pembesaran kelenjar ludah
  • Adanya kista atau kantung berisi cairan
  • Kumpulan nanah akibat infeksi atau disebut abses
Jika peradangan sebelumnya sudah sembuh tetapi benjolan di leher menetap lebih dari 2 minggu, ada baiknya dilakukan pemeriksaan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan lab darah, dilakukan pemeriksaan USG ataupun jika diperlukan pengambilan sampel jaringan dari benjolan leher tersebut.Apabila nanti ditentukan hasilnya, akan diberikan penanganan sesuai dengan kondisinya baik dengan pengobatan ataupun jika diperlukan tindakan untuk mengangkat benjolan tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kelenjar getah beninginfeksibenjolan lipomalimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil