23 Apr 2020, 16:23Kulit & Kelamin

Benjolan di sekitar alat kelamin berbahayakah?

MA
Info Penanya: MA, Wanita, 20 Tahun
Selamat sore dok, saya wanita berusia 21 tahun dan aktif secara seksual. Di sekitar alat kelamin saya yaitu dibagian perineum ada suatu benjolan, tidak gatal, tidak sakit dan tidak perih. Apakah benjolan tersebut berbahaya dan bisa hilang atau tidak?terimakasih dok.
15903 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang MA,Kutil adalah benjolan yang seringkali muncul di area kelamin atau anus. Benjolan ini disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus) yang biasanya tertular saat berhubungan seksual. Terlebih bila berganti-ganti pasangan seksual.Adanya kutil ini memungkinkan seorang wanita lebih besar kemungkinannya terserang kanker serviks, karena sama sama disebabkan oleh HPV, namun tipenya yang berbeda.Namun selain kutil, benjolan di sekitar perineum bisa disebabkan oleh kista, atau abses.

Bila benjolan tersebut benar akibat kutil, maka yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

  • Kompres menggunakan cuka apel. Namun dalam beberapa hari akan terasa kulit yang panas atau bisa saja melepuh. Sehingga pastikan untuk mengompres benjolannya saja.
  • Oleskan tea tree oil.
  • Kompres benjolan menggunakan bawang putih yang sudah dimemarkan, dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.
  • Oleskan lidah buaya secara berkala.
Bila tips diatas tidak dapat menghilangkan kutil Anda, maka Anda harus konsultasi dengan dokter kulit untuk tindakan pengangkatan menggunakan kauter.Salam sehat,dr. Vina
kanker serviksinfeksi menular seksualkutil kelamin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil