23 Jul 2021, 06:00Kulit & Kelamin

Apakah benjolan membesar di buah zakar berbahaya?

AM
Info Penanya: AM0
Halo dok,saya punya keluhan tentang benjolan di buah zakar makin lama makin bertambah benjolan nya dan besar,benjolan nya keras apakah itu berbahaya dok terima kasih ....
265 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FJTerima kasih atas pertanyaannya. Benjolan di buah zakar dapat berupa suatu peradangan, tumor, hingga gangguan di organ tertentu.  Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri ataupun tanpa gejala apapun namun sama-sama menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Penyebab benjolan di testis :

  • Kista yang terjadi saat timbul benjolan berisi cairan di kantung zakar. Kista ini sering dinamakan spermatokel.  Tidak ada rasa sakit ataupun gatal.
  • Bisul yaitu infeksi di kulit kelamin sehingga akan timbul benjolan yang bengkak, nyeri dan kemerahan.
  • Peradangan baik di testis ataupun bagian epididimis testis. Akan timbul bengkak yang nyeri dan teraba panas serta menimbulkan nyeri di kelamin saat buang air kecil.
  • Hidrokel atau berupa benjolan akibat penumpukkan cairan yang masuk ke kantung zakar.
  • Varikokel yaitu pembesaran pada pembuluh darah kantung zakar sehingga ketika diraba akan terasa bergelombang seperti ada cacing.
  • Hernia yang terjadi saat organ usus keluar dari rongga perut dan turun ke testis.
  • Kutil kelamin.
Bila keluhan benjolan ini semakin lama bertambah ukurannya maka ada baiknya segera periksa ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan pada bagian buah zakar.  Sehingga dapat diketahui apakah kondisi ini berbahaya atau tidak. Sementara ini perbanyak minum air putih, kompres handuk hangat di bagian yang ada benjolan, hindari ditekan terlalu sering, istirahat cukup, tunda aktivitas seksual, jaga kebersihan kelamin. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kistaherniabisulhidrokelepididimitisvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil