13 Jul 2021, 17:51Penyakit Lainnya

Apakah berbahaya benjolan di selangkangan?

SF
Info Penanya: SF0
Sore dok, nama saya Febria umur 35 saya mau tanya dokter di selangkangan sebelah Kanan tepatnya agak atas sedikit ada benjolan sebesar kelereng, sy tdk berani tekan cuma pas mandi kalo pegang daerah itu agak takut apakah berbahaya atau tdk yah dok. Terima ksh sblmnya??
230 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, SFTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di selangkangan ada yang berupa kondisi normal namun bisa juga karena faktor penyakit yang menimbulkan suatu benjolan.  Sebagian besar benjolan tidak berbahaya. 

Penyebab benjolan di selangkangan :

  • Pembesaran kelenjar getah bening yang terjadi ketika ada infeksi saluran kemih, ataupun kelamin yang menyerang tubuh sehigga ketika infeksi selesai, benjolan mengecil dengan sendirinya.
  • Kista yaitu kantung berisikan cairan bisa cairan darah atau bening. Ketika kista mengalami infeksi, akan teraba nyeri dan panas.
  • Hernia yang terjadi saat organ usus keluar dari rongga perut dan turun sehingga keluhan ini biasa timbul saat batuk, kelelahan, mengejan dan bersin.
Bila tanpa rasa nyeri sebenarnya tidak berbahaya namun menimbulkan rasa tidak nyaman jadi jika benjolan tidak menghilang, ada rasa nyeri atau bertambah besar sebaiknya segera periksa ke puskesmas atau dokter spesialis bedah untuk pemeriksaan langsung pada benjolan tersebut. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kelenjar getah beningkistaherniapembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil