18 Jul 2021, 00:48Infeksi

Bagaimana tindakan mengatasi benjolan pecah di anus?

S
Info Penanya: S0
sya mengalami pnykit berlubng dok lubng itumengeluarkan cairan bau pengalaman in setelah benjolan di bagian sekitar anus setelah benjolan it pecah berlubng & mengeluarkan cairan bau
321 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaannya.Bagian anus adalah bagian terakhir dari tempat pengeluaran sisa pencernaan berupa tinja.  Pada bagian ini terdapat otot, saraf juga mukosa yang pada beberbapa kondisi dapat menimbulkan suatu benjolan atau gangguan di anus.  Kebanyakan timbul didahului oleh luka di anus yang berkembangan menjadi infeksi. 

Penyebab benjolan di anus :

  • Abses atau bisul yang timbul akibat infeksi pada kulit anus sehingga benjolan akan penuh dengan nanah, terasa nyeri serta kemerahan.
  • Wasir yang benjolannya sudah diluar anus. Akan timbul buang air besar yang nyeri dan disertai darah. 
  • Fistula ani atau lubang di sekitar anus yang muncul akibat adanya infeksi di anus yang sudah parah dan tidak tertangani dengan baik.  
Jadi kondisi yang anda alami sudah memerlukan penanganan lebih lanjut agar bagian anus dibersihkan dengan benar dan tidak menimbulkan infeksi lanjutan.  Untuk itu segera periksa ke dokter spesialis bedah guna penanganan lanjutan pada anus.   Sementara ini pastikan tinja lembek dengan perbanyak air putih, makan buah dan sayur agar tidak menambah infeksi yang muncul di daerah yang sudah terinfeksi ini.  Lalu bersihkan bagian tersebut dengan benar dan lembut, bisa pakai kasa steril dan air hangat, jaga berat badan seimbang, atur pola makan yang tidak pedas, bebas pengawet juga bebas kafein. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
bisulnyeri anuswasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil