05 Aug 2019, 02:51Penyakit Lainnya

Cara mengatasi bau mulut

NW
Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
bagaimana cara mengatasi bau mulut.?
32482 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andre Zaini
(0)
Selamat pagi, NWTerimakasih atas telah bertanya di Forum SehatQBau mulut, secara medis disebut halitosis, dapat disebabkan kesehatan gigi yang buruk dan mungkin merupakan tanda adanya masalah kesehatan lain. Pada dasarnya, semua makanan yang dimakan mulai dipecah di mulut anda. Jika anda makan makanan dengan bau yang kuat (seperti bawang putih atau bawang). Tindakan menyikat dan membersihkan gigi serta menggunakan obat kumur hanya menutupi bau sementara. Bau tidak akan hilang sepenuhnya sampai makanan telah keluar dari tubuh.
Jika anda tidak menyikat gigi dan menggosok gigi setiap hari, sisa makanan tetap ada di mulut, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri di antara gigi, di sekitar gusi, dan lidah. Ini menyebabkan bau mulut. Selain itu, bakteri penyebab bau dan partikel makanan dapat menyebabkan bau mulut jika gigi palsu tidak dibersihkan dengan benar. Merokok atau mengunyah produk-produk tembakau juga dapat menyebabkan bau mulut, noda gigi, mengurangi kemampuan anda untuk mencicipi makanan dan mengiritasi gusi.Bau mulut yang persisten atau rasa tidak enak di mulut mungkin merupakan tanda peringatan penyakit gusi (periodontal). Penyakit gusi disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Bakteri menyebabkan pembentukan zat racun, yang mengiritasi gusi. Jika penyakit gusi terus tidak diobati, itu dapat merusak gusi dan tulang rahang. Penyebab gigi lain dari bau mulut termasuk alat gigi yang tidak pas, infeksi jamu mulut, dan karies gigi (gigi berlubang).

Kondisi medis mulut kering (juga disebut xerostomia) juga dapat menyebabkan bau mulut. Air liur diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak, dan membersihkan sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi, dan pipi. Jika tidak dihilangkan, sel-sel ini membusuk dan dapat menyebabkan bau mulut. Mulut kering mungkin merupakan efek samping dari berbagai obat, masalah kelenjar ludah, atau pernapasan melalui mulut.

Banyak penyakit dan penyakit lain dapat menyebabkan bau mulut. Berikut adalah beberapa yang harus diperhatikan: infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis, infeksi sinus kronis, tetesan postnasal, diabetes, refluks asam kronis, dan masalah hati atau ginjal.
Bau mulut dapat dikurangi atau dicegah jika:
1. sikat gigi 2x sehari, termasuk lidah. Bilas dengan obat kumur antibakteri. Gigi palsu harus diangkat pada malam hari dan dibersihkan secara menyeluruh sebelum dimasukkan ke mulut Anda keesokan paginya.
2. konsultasi dengan dokter gigi secara teratur minimal 2x / tahun
3. berhenti merokok
4. minum banyak air agar mulut tetap lembab. Anda juga bisa mengunyah permen sugar-free atau yang mengandung xylitol
 
Semoga informasi dari saya bermanfaat.
 
Salam Sehat
 
dr. Andre Zaini
kesehatan muluttips kesehatanbau mulutmulut kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil