04 Jul 2021, 20:41Perut

Cara mengatasi perut kembung dan mual

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, kenapa ya setiap pagi saya merasa perut kembung dan mual. Apa penyebab dari kondisi ini? Bagaimana cara mengatasi perut kembung dan mual?
356 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam SLTerima kasih atas pertanyaan AndaPerut kembung dan mual adalah kondisi saat seseorang merasakan rasa kurang nyaman, penuh, begah pada perut yang disertai dengan rasa mual atau keinginan untuk muntah. Keluhan ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada saluran pencernaan.

Berikikut ini adalah beberapa penyebab perut kembung dan mual:

  • Infeksi saluran pencernaan
  • Sakit maag
  • GERD
  • Mabuk perjalanan
  • Efek samping oabat tertentu seperti obat kemoterapi
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab perut kembung dan mual adalah beberapa kondisi yang telah disebutkan di atas. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dari perut kembung dan mual yang terjadi pada Anda. Tindakan yang bisa dilakukan adlaah dengan minum air cukup, konsumsi makanan yang tidak memicu kenaikan asam lambung, konsumsi air rebusan jahe, atasi stres, berusaha makan tepat waktu dan tidak menunda jam makan, hindari tidur atau berbaring setelah makan (usakan aberikan jeda 3 jam setelah makan jika Anda akan berbaring atau tidur), makan perlahan atau tidak terburu-buru, dan beristirahatlah dengan cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
maagmualgangguan pencernaanperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil