23 Nov 2019, 12:28Penyakit Lainnya

Cara mengeluarkan batu ginjal secara alami

RH
Info Penanya: RH, Pria, 34 Tahun
Halo dok saya mau tanya, saya memiliki batu ginjal yang ukurannya masih kurang dari 1 cm tapi ada beberapa batu. Apakah ada obat herbal atau obat medis mengeluarkan batu ginjal yang masih kecil dan tanpa operasi?
75885 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, R.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Batu ginjal merupakan endapan dari kalsium, asam urat, atau zat lainnya di dalam kandung kemih. Pengobatan batu ginjal bergantung pada tingkat keparahannya. Penyebab batu ginjal sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, kandungan zat kimia yang tinggi dapat membentuk kristal sehingga tidak dapat larut dalam urine (air seni). Ada beberapa tipe batu ginjal, yaitu: batu kalsium, batu struvite, batu asam urat, batu sistin.

Gejala-gejala dari batu ginjal itu sendiri adalah: 

  • Nyeri pada pinggang atau perut yang sifatnya kolik (hilang timbul) atau terus menerus
  • Keluar darah di air seni
  • Nyeri saat BAK
  • Air seni yang keruh 
  • Mual muntah
  • Demam 
  • Frekuensi berkemih meningkat
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami, yaitu dengan cara: meminum air putih sebanyak 8-12 gelas per hari, konsumsi lemon, basil, cuka apel, seledri, buah delima, dan kacang merah.Cara-cara diatas dapat dilakukan jika ukuran batu ginjal masih kecil. Jika batu ginjal Anda tidak sembuh dalam 6 minggu atau gejala semakin parah, segera hentikan konsumsi obat batu ginjal alami ini dan hubungi dokter urologi terdekat untuk ditatalaksana lebih lanjut. Untuk mencegah terjadinya batu ginjal, Anda harus mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Setiap orang disarankan untuk minum 8-12 gelas air putih setiap hari. Jika Anda memiliki penyakit ginjal lain dan disarankan untuk membatasi konsumsi cairan, tanyakan pada dokter Anda jumlah air yang disarankan. Lalu, kurangi konsumsi makanan yang tinggi akan sodium dan protein hewani. Cara-cara ini dapat menurunkan resiko terkenanya penyakit batu ginjal. Salam sehat,dr. Ester
batu ginjalpenyakit ginjalbatu saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil