23 Nov 2019, 11:26Infeksi

Cara menghilangkan sakit kepala akibat infeksi virus

RH
Info Penanya: RH, Pria0
Dok mohon izin bertanya, saya Rubi dan usia saya 27 tahun. Awalnya saya sering sekali mengalami pusing, mual, hingga muntah tapi kadang pusingnya bikin saya mau pingsan. Saya pikir hanya masuk angin. Tapi setelah diperiksa CT scan dan lain-lain dokter bilang kalo kondisi otak saya bengkak dan ada virus cmv juga rubella. Saya mau tanya pengobatannya yang tepat dan ampuh gimana ya dok? Karena ini menganggu pekerjaan saya di kantor. Makasih dok.
32077 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, R.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Sakit kepala adalah kondisi nyeri pada kepala atau rasa sakit yang menyebar ke seluruh sisi kepala. Durasinya juga beragam. Mulai dari kurang dari satu jam hingga beberapa hari.Penyebab sakit kepala digolongkan menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Sakit kepala primer biasanya disebabkan karena aktivitas yang berlebihan atau masalah dengan struktur kepala yang sensitif dan dipicu dengan gaya hidup, pola makan, perubahan pola tidur, stres. Jenis-jenis dari sakit kepala primer yaitu: sakit kepala cluster, migrain, tension headacheTrigeminal autonomic cephalalgia (TAC), seperti sakit kepala cluster dan paroxysmal hemicrania. Sedangkan sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti infeksi atau cedera pada kepala. Penyebab kondisi ini yaitu: sinusitis, gumpalan darah, aneurisma otak, tumor otak, gegar otak, infeksi gigi, infeksi telinga, influenza, tekanan darah tinggi. 

Gejala dari infeksi virus yaitu: 

  • Demam, sakit tenggorokan, dan batuk
  • Mengalami photophobia atau rasa sensitif terhadap cahaya
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Leher dan punggung yang kaku
  • Kejang-kejang
  • Kelumpuhan atau paralisis
  • Kebingungan atau linglung
  • Malaise atau rasa tidak enak badan
  • Hilang ingatan (amnesia)
  • Koma 
Pembengkakan otak yang Anda alami saat ini merupakan suatu kondisi peradangan otak yang disebabkan oleh adanya virus (Rubella dan CMV). Virus tersebut kemudian akan menyebabkan peradangan sel-sel saraf pada otak dan jaringan sekitarnya. Sehingga, semakin lama otak akan semakin bengkak sehingga timbul gejala-gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas.Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan antivirus, anti nyeri, obat penurun demam, obat muntah. Tapi sangat disarankan jika Anda tetap berkonsultasi ke dokter saraf untuk ditatalaksana dengan tepat sehingga tidak menimbulkan komplikasi.Salam sehat, dr. Ester
infeksi virussakit kepalarubella
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil