04 Jul 2021, 11:50Kulit & Kelamin

Cara mengobati panu secara alami dan cepat hilang

K
Info Penanya: K0
Dok, apakah benar penyebab panu muncul dikarenakan sering mandi dalam kondisi badan penuh dengan keringat? Lalu, apa obat panu alami yang ampuh?
463 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Panu disebabkan oleh infeksi jamur, keluhan ini dapat muncul karena saat berkeringat Anda tidak langsung membersihkan tubuh dan membiarkan kulit dalam keadaan lembab dalam waktu yang lama. Saat tubuh lembab, tubuh akan cenderung beresiko tinggi untuk terkena infeksi jamur, jadi bukan karena mandi dalam keadaan berkeringat yang menyebabkan panu.

Pengobatan panu

Jika berkeringat, Anda harus segera mengeringkan diri atau berganti baju dengan yang baru. Pengobatan panu adalah menggunakan salep antijamur namun jika keluhan ini sangat luas atau terjadi hampir diseluruh bagian tubuh, maka lebih akan efektif jika pengobatan dilakukan menggunakan antijamur yang dikonsumsi secara oral (obat tablet). Gejala panu adalah bercak putih dan gatal terutama saat berkeringat.Pengobatan jamur umumnya perlu dilakukan selama 2-3 minggu untuk dapat benar-benar menyembuhkan keluhan. Jika setelah 3 minggu pengobatan dan keluhan tetap tidak membaik, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung pada dokter kulit untuk melakukan pengobatan dengan cara lain yang lebih ampuh. Anda juga dapat mengkonsumsi obat yang mengandung chlorpeniramine untuk mengatasi keluhan gatal. Selain itu jaga kebersihan diri dengan lebih baik lagi dan juga hindari lembap agar keluhan tidak semakin memburuk.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
gatalinfeksi jamurpanu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil