01 Sep 2020, 00:48Psikologi

Cemas setiap akan mengerjakan skripsi

YN
Info Penanya: YN0
Dokter, saya Y mahasiswi semester akhir yang kini sedang mengampu mata kuliah skripsi. Saya terbebani oleh skripsi ini karena sejak awal saya merasa tidak cocok dengan jurusan yg saya ambil (saya hampir keluar pada smt 2). Setiap saya hendak mengerjakan, kepala bagian belakang saya selalu pusing dan perut terasa mual. Saya mencoba melakukan self-healing namun hanya bertahan seminggu lalu kumat lagi, begitu seterusnya. Mohon penjelasan dan sarannya. Terima kasih.
1841 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam YN,Cemas adalah rasa takut akan sesuatu yang belum pasti, atau ancaman atau hal yang ditakutkan belum terjadi. Rasa cemas berlebih sendiri bisa menimbulkan gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan sendiri dapat merupakan masalah mental yang perlu diperhatikan.Rasa cemas bisa timbul mendadak dan juga menimbulkan gejala fisik seperti:
  • Jantung berdebar
  • Keringat dingin
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur
  • Kesulitan berkonsentrasi.
Jika terus mengalami cemas dan sulit mengatasinya, ada baiknya bisa coba menceritakan apa yang dialami pada orang yang dipercaya, coba alihkan pikiran pada kegiatan yang disenangi. Jika rasa cemas timbul karena tugas akhir atau skripsi, coba bisa kerjakan di tempat yang lebih ramai atau mengerjakan bersama teman agar bisa mendapatkan motivasi tambahan.Jika jurusan yang diambil dirasa tidak cocok, bisa coba selesaikan terlebih dahulu dan setelah mendapatkan gelar dan menyelesaikan pendidikan coba kejar apa yang menjadi impian ataupun bidang yang disenangi. Coba bisa memotiviasi diri atau bisa coba berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau pada psikolog agar bisa mengatasi kecemasan yang dialami. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gangguan mentalgangguan kecemasangangguan kecemasan umum
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil