29 Apr 2020, 11:17Penyakit Lainnya

Dada tidak nyaman karena sering mengonsumsi kopi

RA
Info Penanya: RA, Pria, 1 Tahun
Dok,saya udah beberapa hari ini ngerasa dada saya kaya berat ketekan,dan gak nyaman tapi tidak sesak .terkadang juga terasa kaya kedutan tapi bukan kedutan dok ,Apakah ada hubungan nya dengan saya didi angnosa asam lambung 3 minggu lalu ya dok.Karna kebanyakan kopi dan suka makan makanan pedes2 dan perokokKarna saya kontrol 3 kali dan yg ketiga obatnya engga saya minum soalnya kan puasa dok. Tapi mulai tadi malem saya minum tetep masih kerasa dok
19582 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi RA,Dada yang terasa tidak nyaman adalah keluhan yang bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab seperti masalah pencernaan, masalah otot dada, gangguan pernapasan ataupun masalah lainnya seperti gangguan jantung.Adanya rasa tidak nyaman seringkali penyebabnya adalah sakit maag dan asam lambung. Kondisi ini bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari seperti pola makan yang kurang baik ataupun sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengiritasi lambung. 

Cara mengatasi asam lambung

Beberapa cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan asam lambung adalah:
  • Perbaiki pola makan
  • Makan sedikit tapi sering, jika sedang berpuasa bisa makan saat buka, 1-2 jam menjelang tidur, dan saat sahur
  • Perbanyak minum air putih
  • Konsumsi obat pereda asam lambung seperti antasida sebelum makan
  • Hindari makanan asam, pedas, bersantan, minuman berkafein seperti soda, kopi, teh, cokelat
  • Kelola stres dan rasa cemas
Saat bulan puasa seperti ini juga perlu hindari berbuka dengan gorengan ataupun makanan dan minuman bersantan seperti kolak misalnya, agar tidak memicu peningkatan asam lambung.Apabila kebiasaan harian tidak diperbaiki maka keluhan akan tetap timbul dan kambuh. Jadi untuk bisa mengatasinya perlu disiplin melakukan pantangan makan dan juga hentikan kebiasaan yang kurang baik termasuk merokok. Periksakan diri kembali jika keluhan sakit maag dan asam lambung tidak juga membaik pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Semoga bermanfat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asam lambungmaagpencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil