27 Apr 2020, 11:24Kanker

Apa saja penyakit yang bisa diturunkan?

WI
Info Penanya: WI, Wanita, 32 Tahun
hallo dok, saya Indri.saya ingin bercerita dan bertanya. pertama mertua mempunyai riwayat kanker PD, lanjut ipar pun mempunyai riwayat Kista, dan saat ini suami pun sakit jantung, serta penyakit kelenjar (lipoma). mengingat silsila keturunan dan penyakit dari keluarga suami dan suami sendiri, apakah anak2 saya nnti akan mengalami penyakit2 tersebut? mengingat faktor keturunan tersebut. dari keturunan keluarga saya alhmadulillah tidak ada yg memiliki riwat penyakit yang berat.
19750 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi WI,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Penyakit keturunan bisa berasal dari mutasi atau perubahan sifat genetik yang diwariskan dari salah satu atau kedua orang tua kepada anak. Penyakit keturunan umumnya sulit atau bahkan tidak dapat dicegah. Orang yang tampaknya sehat bisa saja memiliki penyakit keturunan atau berisiko menurunkan kelainan genetik pada keturunannya.

Ada beberapa penyakit yang dapat di turunkan :

  • Hemofilia
    Merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan gangguan pembekuan  darah.
  • Thalasemia
    anak yang memiliki thalasemia dapat hidup, namun sangat rentan terserang anemia, sehingga sering kali membutuhkan tranfusi darah.
  • Kanker
    Kanker yang murni diwarisi oleh faktor genetik tergolong kecil, yaitu sekitar 5%-10% dari kasus kanker.
  • Jantung
    Ada beberapa faktor yang dapat makin memperbesar risiko terjadinya penyakit ini, seperti pola makan yang tidak sehat, merokok, memiliki berat badan berlebih, menderita kolesterol tinggi, dan jarang berolahraga.
  • Gangguan mental
    Gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, autisme, ADHD, gangguan cemas, sindrom Down, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD) kemungkinan besar memiliki orang tua atau saudara yang juga menderita gangguan serupa. Munculnya gangguan mental juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti stres atau tekanan psikologis yang berat.
Orang yang memiliki riwayat penyakit keturunan di dalam keluarga perlu lebih berhati-hati. Walaupun kebanyakan penyakit keturunan tidak dapat dicegah, namun risikonya dapat dikurangi. Dengan menjaga pola hidup sehat, makan makanan bergizi dan olahraga teratur. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan genetik sebelum menikah dan saat merencanakan kehamilan, untuk mendeteksi secara dini kemungkinan adanya penyakit keturunan yang bisa diwariskan kepada anak ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penyakit jantunghemofiliapenyakit genetik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil