01 Jul 2021, 08:54Kandungan

Flek coklat ibu menyusui apakah wajar?

TK
Info Penanya: TK0
Saya ibu menyusui, usia anak saya sudah 13 bln. Sy biasanya menstruasi pd pertengahan bulan, meskipun seringnya mundur dr tanggal yg seharusnya. D pertengahan bulan itu yg seharusnya saya mens, kemudian keluar flek coklat, kadang terdapat lendir darah n cairan bening. Tp jumlahnya tdk bnyk seperti pd mens yg biasanya, hanya flek2 saja. Dan itu berlangsung hingga seminggu lebih. flek itu keluar saat saya sedang aktifitas, saat malam tidak. Apakah itu normal utk ibu menyusui? Mohon penjelasannya.
1565 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam TKSaat menyusui ASI adanya hormon prolaktin dapat menekan pembentukan sel telur pada ovarium (indung telur) sehingga bisa menjadi metode pencegahan kehamilan alamiah. Tentunya hal ini akan berefek pada siklus haid dimana bisa terjadi haid tidak teratur hingga tidak haid sama sekali.Namun hal itu bisa berlangsung hanya beberapa minggu hingga bulan saja setelah melahirkan sampai hormon kembali normal dan anda mulai haid kembali. Anda bisa mengetahui siklus haid anda normal dengan menghitung jarak hari pertama haid sebelumnya ke haid berikutnya masuk dalam rentang 21-35 hari. 

Haid Tidak Teratur Pada Ibu Menyusui

Lendir bening dan cair merupakan keputihan yang normal dan wajar keluar sebelum haid atau setelah haid. Haid yang hanya berupa flek coklat dengan jumlah sedikit selama seminggu bisa disebabkan karena hormon yang tidak seimbang yang dipengaruhi oleh banyak faktor.Pada ibu menyusui bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tetapi bisa juga karena faktor lainnya yaitu:
  • Stres atau depresi
  • Fisik yang lelah atau kecapean 
  • Berat badan berubah drastis dalam waktu singkat
  • Asupan gizi yang kurang seimbang
  • Obesitas
  • Infeksi
  • Kelainan pada rahim
  • Efek KB
  • Radang panggul

Mengatasi Haid Berupa Flek

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan rajin olahraga agar berat badan ideal, atasi stres dan istirahat yang cukup. Pantau kondisi anda bilamana terjadi kembali keluhan yang sama dalam 3 siklus haid berturut-turut maka sebaiknya memeriksakannya lebih lanjut ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
siklus haidmenstruasigangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil