27 Apr 2020, 20:10Psikologi

Apakah saya mengalami gangguan kecemasan?

SF
Info Penanya: SF0
Asslamualaikum dok saya salsa saya ingin nanya kenapa ya saya akhir akhir ini merasa cemas ketika saya merasakan itu saya berasa gak hidup didunia ini dok dan saya juga merasakan jantung berdebar debar sesak napas saya dan merasa pusing gitu dok ketika saya keluar rumah untuk membeli makanan rasa cemas itu muncul lagi dok jadi saya gak bisa melakukan aktivitas seperti biasa karena takut akan sesak lagi napas saya dok saya sudah melakukan ngomong kepada orang terdekat tapi mereka gak percaya
6218 Views
5 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang SF,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Cemas atau dalam istilah medis disebut dengan anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu, misalnya sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, saat harus mengambil keputusan penting, atau ketika menunggu hasil pemeriksaan dokter. Namun jika Anda mengalami rasa kecemasan yang berlebihan tanpa sebab yang jelas bisa jadi Anda mengalami beberapa gangguan kecemasan dibawah ini :
  • Gangguan panik
    Gejala yang biasanya muncul adalah berkeringat, berdebar-debar, terasa sesak didada, nyeri dada, ketakutan, gemetar. Gangguan panik biasanya berlangsung kurang dari 10 menit, namun ada juga yang berlangsung hingga satu jam atau lebih.
    Jika mengalami gejala berupa jantung berdebar atau nyeri dada saat serangan panik muncul, Anda disarankan untuk duduk dan memejamkan mata. Kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung, dan hembuskan melalui mulut. Ulangi beberapa kali hingga merasa lebih tenang.
  • Gangguan kecemasan sosial
    Merupakan fobia sosial merupakan rasa cemas atau takut yang luar biasa terhadap situasi sosial atau interaksi dengan orang lain, baik sebelum, sesudah, maupun selama berada dalam situasi tersebut.
  • Gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder/GAD)
    Kecemasan ini membuat penderitanya merasakan cemas secara berlebihan yang menetap dalam waktu lama, biasanya hingga lebih dari 6 bulan. Penderita GAD akan sangat mengkhawatirkan banyak hal, misalnya keuangan, kesehatan, atau pekerjaan.
Pengobatan gangguan kecemasan bisa dengan perubahan perilaku atau psikoterapi dengan psikiater.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
gangguan kecemasangangguan kecemasan umumgangguan kecemasan sosial
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil