03 Aug 2020, 20:04Pernapasan

Rasa mengganjal di dada saat bernapas, apa penyebabnya?

S
Info Penanya: S0
Malam dok, sudah beberapa hari saya merasa seperti ada yang mengganjal di dada saat bernafas.gejalanya memng ringan tapi saya bingung itu kenapa ya?
11815 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, S.Rasa mengganjal di dada atau sesak saat bernapas paling sering disebabkan oleh gangguan paru-paru. Hal ini dapat terjadi apabila habis melakukan aktivitas berat atau berolahraga, maupun karena kondisi penyakit tertentu seperti asma, pleuritis, ataupun pneumonia.Selain karena paru-paru, sesak napas juga bisa disebabkan oleh gangguan jantung, dimana biasanya timbul juga gejala nyeri dada atau pembengkakan pada anggota gerak. Selain itu, gangguan lambung seperti GERD (refluksnya asam lambung ke tenggorokan) juga bisa menyebabkan rasa mengganjal tersebut.Untuk memastikan penyebabnya, perlu diketahui terlebih dahulu gejala apa saja yang menyertai kondisi Anda saat ini. Anda dapat melakukan konsultasi tatap muka kepada dokter spesialis penyakit dalam, dimana nantinya akan dicari tahu hal-hal seperti:
  • Sudah berapa lama hal ini anda alami
  • Gejala lain apa yang menyertai
  • Apakah ada hal lain yang memperberat atau meringankan sesaknya
  • Riwayat penyakit keturunan
  • Dan lain-lain
Selain itu, juga akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, misalnya rontgen dada, rekam jantung, atau endoskopi. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai.Lalu, disarankan agar Anda menghindari dulu aktivitas yang bisa memicu kelelahan fisik. Pastikan udara yang dihirup bersih, dan jauhi asap, debu, serta polusi. Apabila Anda merokok, sebaiknya berhenti, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit paru-parupenyakit jantunggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil