07 Aug 2020, 06:57Kandungan

Ganti KB dalam keadaan belum haid, apakah boleh ?

FS
Info Penanya: FS0
Met pagi dok saya pake pil kb andalan sudah 6 bulan n haid datang walopun kdang tdk teratur.sebelumnya saya kb suntik 3bulan. Bulan ini saya belom haid..bolehkah langsung suntik kb dok??
7719 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, FSM.KB merupakan alat kontrasepsi yang bertujuan untuk mencegah kehamilan. Terdapat berbagai jenis KB yang dikelompokan dalam dua kategori besar, yakni KB hormonal dan non-hormonal. KB hormonal mengandung hormon estrogen dan progestin sintetik yang bertujuan menekan proses ovulasi sehingga dapat mencegah terjadinya kehamilan. Adapun proses lainnya yaitu berupa pengubahan tekstur lendir pada saluran vagina menuju rahim agar sperma mengalami kesulitan unutk membuahi sel telur.

Adapun berbagai bentuk dari kontrasepsi hormonal yang meliputi :

  • pil KB
  • suntik KB atau injeksi
  • implan
  • patch/koyo
  • cincin vagina
  • KB spiral/IUD hormonal
Mengenai pertanyaan Anda tentang penggantian bentuk KB dari yang berupa suntik ke pil dan akan kembali ke KB suntik, pada dasarnya boleh saja selama dirasakan cocok pada diri Anda. Namun untuk keadaan belum haid saat ini yang mungkin terjadi karena efek samping ketidakseimbangan hormon pengatur siklus haid ada baiknya untuk ditunggu terlebih dahulu hingga haid, sembari masih menggunakan pil KB. Selain itu, ada baiknya juga sebelum kembali menggunakan KB lakukanlah test pack terlebih dahulu agar kemungkinan kehamilan dapat disingkirkan. Hal ini dilakukan kanre sejatinya KB tidak dapat sepenuhnya mencegah kehamilan maka tetap perlu adanya tindakan antisipasi.Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi 
penggunaan kbkontrasepsihormongangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil