18 Aug 2020, 11:18Kulit & Kelamin

Gatal-gatal tak kunjung sembuh, bagaimana solusinya ?

IQ
Info Penanya: IQ, Pria, 2020 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, gatal-gatal yang tak kunjung sembuh itu dikarenakan makanan atau apa? karena sudah beberapa obat salep yang sudah saya gunakan, namun tak juga kering, sekali kering pasti kambuh lagi. bagaimana dan obat apa solusinya Dok? terimakasih.
8616 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, IQ.Gatal merupakan sensasi paling minimal dari rasa nyeri. Adanya rasa gatal dapat menandakan keadaan yang tidak tepat sedang terjadi pada kulit. Terdapat berbagai faktor penyebab yang dapat menimbulkan keluhan gatal.

Berikut beberapa faktor penyebabnya yang meliputi :

  • kulit kering
  • alergi
  • psoriasis atau penyakit autoimun
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • infeksi jamur atau bakteri
  • gigitan serangga
  • eksim atau dermatitis atopik
  • dermatitis kontak (alergi maupun iritan)
Mengenai keluhan gatal yang tidak kunjung sembuh pada Anda, terlebih dahulu perlu dipastikan faktor penyebabnya untuk dapat mengobatinya hingga tuntas. Namun demikian pada beberapa kondisi medis seperti alergi, dermatitis dan psoriasi, rasa gatal dapat terjadi berulang karena pada dasarnya kondisi tersebut hanya dapat diredakan namun tidak dapat disembuhkan secara sempurna karena merupakan penyakit bawaan yang sejak lahir sudah terdapat gen nya di dalam tubuh Anda. Dengan kata lain bersifat genetik atau diturunkan.Untuk sementara solusi yang dapat dilakukan adalah menghindari pemicu kekambuhan gatal yang perlu untuk ditelusuri jika memang belum diketahui. Anda dapat menggunakan lotion calamine, mengonsumsi obat antihistamin golongan biru dan mandi dengan air yang telah dicampur baking soda untuk membantu meredakan rasa gatalnya. Namun yang terbaik adalah memeriksakan diri secara langsung pada dokter Kulit agar segera diketahui faktor penyebab dan ditangani sesuai dengan penyebabnya.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
gatalpenyakit kulitmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil