07 Apr 2020, 05:27Gigi & Mulut

Bagaimana cara membuat gigi menjadi lebih putih?

B
Info Penanya: B0
Dok kenapa ya saya sudah rajin gosok gigi tapi hasilnya tetep aja kuning,dok tolong gimana caranya agar gigi saya kembali putih seperti semula?
10806 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Reni Utari
(0)
Selamat pagi, B.Terimakasih atas pertanyaannya.Faktor-faktor yang dapat menyebabkan gigi kuning adalah:
  • Makanan tertentu yang dapat menodai email gigi
  • Penumpukan plak pada gigi
Ada banyak produk yang dapat memutihkan gigi, namun sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi. Berikut tips untuk memutihkan gigi dengan bahan yang alami:
  • Gunakan minyak kelapa. Masukan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut kemudian dorong dan tarik minyak melalu gigi lalu buang. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di dalam mulut, mengurangi plak dan raddang gusi.
  • Oleskan baking soda. Soda kue memiliki khasiat pemutih alami yang dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi. Anda dapat juga menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda. Cara sederhananya campur 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi dengan pasta gigi. Anda dapat melakukan ini beberapa kali per minggu.
  • Gunakan cuka apel. Kandungan asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka apel dapat membunuh bakteri yang berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi. Caranya gunakan sebagai obat kumur dengan mengencerkannya dengan air dan kumurlah beberapa menit kemudian bilas mulut dengan air. Namun sebaiknya penggunaan ini tidak setiap hari karena asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel gigi.
  • Makan buah dan sayur. Stroberi dan nanas diklaim dapat membantu memutihkan gigi. Anda dapat mnggunakannya dengan hancurkan stroberi segar dan kombinasikan dengan baking soda dan gosok campuran tersebut ke gigi Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, secara efektif untuk menghilangkan noda gigi.
Sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Anda juga dapat membaca artikel tentang cara memutihkan gigi lainnya.Semoga bermanfaat. Salam sehat.Reni Utari
kesehatan gigigigi putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil