12 Jul 2021, 04:19Kulit & Kelamin

Bengkak dan panas di seluruh tubuh setelah digigit tomcat

YS
Info Penanya: YS0
Selamat pagi dok,saya mau consult dok,saya sudah beberapa hari kena tomcat,entah kapan saya terkena gigitan tomcat ini dok,cuma saya menyadarinya malam ini dok,karna pas saya bangun ada tomcat di dekat saya,lalu saya share di google takut yang di badan saya ini terkena tomcat dan ternyata benar dok saya terkena gigitan tomcat,dan sudah ada pembengkakan di kelopak mata,dan seluruh tubuh saya panas dan gatal,kira2 jika sudah seperti ini saya harus bagaimana ya dok dan harus meminum obat apa?
362 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi YS,Tomcat adalah serangga berukuran kecil yang sering disebut juga semut semai. Jika seseorang tergigit tomcat, maka akan menimbulkan reaksi di tubuh yang dikenal dengan istilah dermatitis venenata. Reaksi yang paling umum ditimbulkan biasanya berupa gatal dan ruam merah di bekas gigitan, yang juga terkadang terasa panas dan berair.Tapi, jika reaksi gigitan cukup parah, maka biasanya akan menimbulkan gejala ke seluruh tubuh, misalnya:
  • bengkak pada wajah dan kelopak mata
  • gatal-gatal seluruh tubuh
  • tubuh terasa panas
  • sesak napas
  • jantung berdebar-debar
Jika Anda mengalami reaksi gigitan yang cukup parah, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Biasanya membutuhkan penanganan dengan obat antialergi yang diinjeksikan ya. Sambil perjalanan ke IGD, untuk penanganan awal Anda bisa mengonsumsi obat golongan antihistamin yang dijual bebas misalnya chlorpheniramine maleate. Upayakan juga banyak minum air putih ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
dermatitisgigitan seranggasyok anafilaksis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil